Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. Sumedi P. Nugraha, Ph.D.
dc.contributor.authorNADHILA SAFITRI
dc.date.accessioned2021-07-15T04:25:18Z
dc.date.available2021-07-15T04:25:18Z
dc.date.issued2021-02-21
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/30563
dc.description.abstractProses pembelajaran secara daring di tengah pandemi COVID-19 dapat menurunkan kualitas kesejahteraan subjektif pada siswa. Kendala yang dialami siswa dalam menjalani pembelajaran secara daring membuat siswa lebih sering merasakan emosi-emosi negatif, seperti cemas, stres, bingung dan bosan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kesiapan belajar secara daring dan resiliensi akademik terhadap kesejahteraan subjektif pada siswa. Sejumlah penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa siswa yang siap menjalani pembelajaran secara daring dan memiliki resiliensi akademik yang baik akan meningkatkan kesejahteraan subjektif mereka. Penelitian ini melibatkan 200 siswa SMP „X‟ Lampung yang sedang menjalani proses pembelajaran secara daring. Penelitian ini menggunakan tiga instrumen, yaitu: (a) scale of positive and negative experience (SPANE) (Diener, Wirtz, Tov, Kim-Prieto, Choi, Oishi, & Biswas-Diener, 2009), (b) skala resiliensi akademik (Martin & Marsh, 2006), dan (c) skala student‟s e-learning readiness questionnaire (Aydin & Tasci, 2005). Pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis regresi berganda (SPSS 20). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesiapan belajar secara daring dan resiliensi akademik secara simultan efektif mempengaruhi kesejahteraan subjektif pada siswa (R = 0.09, p < 0.01).en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKesejahteraan subjektifen_US
dc.subjectresiliensi akademiken_US
dc.subjectkesiapan belajar secara daringen_US
dc.subjectpandemi COVID-19en_US
dc.titleKesiapan Belajar Secara Daring, Resiliensi Akademik, Dan Kesejahteraan Subjektif Pada Siswa SMP Selama Pandemi Covid-19en_US
dc.Identifier.NIM18915037


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record