Show simple item record

dc.contributor.advisorIr. Tony Kunto Wibisono M.Sc.
dc.contributor.authorYUSUF ROCHMAN AROSYID
dc.date.accessioned2021-07-13T04:47:30Z
dc.date.available2021-07-13T04:47:30Z
dc.date.issued2021-01-25
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/30423
dc.description.abstractKonsep Rancangan Desain yang diajukan adalah tempat beristirahat dan menginap berfungsi sebagai sarana untuk beristirahat dari hiruk pikuk kota dan menunjang kebudayaan setempat di Purwobinangun dan dengan mengedepankan pengalaman menikmati alam dan budaya sekitar namun tetap mengedepankan kenyamanan privasi menginap pengunjung. Maka dari itu Resorts dipilih sebagai suatu ajuan desain sesuai dengan Defi nisi Resorts yang merupakan tempat untuk rekreasi, hiburan, dan peristirahatan namun tetap mengedepankan kelestarian lingkungan dan budaya sekitar. Lokasi Purwobinangun yang berada pada lereng Gunung Merapi dan daerah sekitar merupakan daerah yang masih asri. Tema Resorts yang diajukan adalah Mountain Resorts dengan spesifi k sebagai Sanctuary Resorts. Dimana Ekslusifi tas, pemandangan ,dan ketenangan Lingkungan Gunung Merapi menjadi salah satu nilai utama yang dijual pada resort. Akan tetapi pertimbangan nilai jual Site, Tata Masa, dan Tata Ruang menjadi faktor penting dalam memenuhi kebutuhan nilai yang akan dijual. Kebutuhan Eksklusif Hunian dan territory antar hunian, Hunian dengan lingkungan sekitar. Agar tidak saling terusik antara satu dengan yang lainnya sehingga dapat mempengaruhi kenyamanan Privasi penghuni. Bangunan Resorts ini direncanakan dengan pembagian masa yang terpisah antar ruang hunian dengan pembagian tiga klasiϐikasi kelas yaitu Standard Room, Deluxe Room, dan Suite Room dengan masing masing fasilitas di dalam hunian yang berbeda. Di dalam kawasan resorts disediakan juga tempat bersantai, berolahraga, tempat komunal, dan restaurant. Konsep Pemilihan Site, Tata Masa, dan Tata Ruang dalam Resorts ini memiliki konsep dengan pendekatan pencapaian Faktor Kenyamanan Privasi. Privasi sendiri adalah data atau informasi yang terdapat dari diri seseorang. Dengan Variable Privasi antara lain ; Aksesbilitas, Visibilities, Olfactory, Vocal, dan Proximity. Faktor Kenyamanan Privasi merupakan kemampuan seseorang untuk mendapatkan keamanan Privasi, Kontrol terhadap Privasi miliknya, dan Kebebasan beraktivitas dalam lingkup Personal Space miliknya. Faktor Kenyamanan Privasi menjadi acuan pengujian desain untuk mendapatkan kenyamanan privasi yang diinginkan dalam desain Resorts yang diajukan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.titleDesain Resort Di Purwobinangun Dengan Pendekatan Kenyaman Privasien_US
dc.Identifier.NIM16512004


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record