Uji Interaksi Modul Assignment pada Google Classroom, Menggunakan Metode Function Analysis untuk Meningkatkan Efektifitas Interaksi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektifitas kualitas interaksi modul Assignment pada Google Classroom. Dipilihnya Google Classroom karena merupakan salah satu sistem informasi yang paling banyak digunakan di dunia pendidikan saat ini, dan modul penugasan/assignment adalah fitur utama dari sistem informasi ini. Metode yang akan digunakan adalah Function Analysis dari metode TRIZ serta pengujian berada dalam sudut pandang studi ilmu Interaksi Manusia Komputer (Human Computer Interaction), metode ini dipilih karena memilki peran agar suatu sistem informasi dapat berguna, produktif, aman, fungsional, efektif serta efisien. Setelah melakukan pengambilan data berupa kuesioner terhadap mahasiswa dan pengajar. Didapatkan total nilai untuk pengajar 73,03% dan siswa 83%, hasil pengujian ini menunjukkan bahwa ada fungsi pada modul Assignment yang masih dapat ditingkatkan. Pada tahap akhir dibuat protyping untuk penyempurnaan modul assignment pada Google Classroom berdasarkan masukan dari hasil kuesioner.
Collections
- Informatics Engineering [2148]