Pengaruh Motivasi Belajar, Perilaku Belajar, dan Kecerdasan Emosional terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Islam Indonesia
Abstract
Penelitian ini “bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar,
perilaku belajar dan kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa mahasiswa jurusan akuntansi Universitas Islam Indonesia. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa akuntansi UII yang masih aktif kuliah. Sampel penelitian ini adalah 100 mahasiswa yang dianggap telah cukup mewakili populasi yang diteliti. Teknik penarikan sampel menggunakan Simple Random Sampling, yaitu pengambilan sampel anggota populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut dengan berdasarkan faktor kemudahan. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Analisis Regresi Linier Berganda .
Hasil penelitian menemukan bahwa 1) Motivasi belajar terbukti berpengaruh secara signifikan positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa akuntansi, 2) Perilaku belajar terbukti berpengaruh secara signifikan positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa akuntansi dan 3) Kecerdasan emosional terbukti berpengaruh secara signifikan positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa akuntansi.
Collections
- Akuntansi [4399]