Show simple item record

dc.contributor.advisorMuhaimin
dc.contributor.author17614059 Nisrina Zahira Putri Irawan
dc.date.accessioned2021-07-07T07:37:39Z
dc.date.available2021-07-07T07:37:39Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/30209
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan pembelajaran konvensional terhadap aktivitas belajar peserta didik pada materi hidrolisis garam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Pakem tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 5 kelas. Sampel penelitian menggunakan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data melalui teknik non tes dalam bentuk angket dan observasi. Teknik analisis data pada variabel aktivitas belajar menggunakan Statistika Parametrik uji Independent Sample T-Test untuk data observasi dan Statistika Non Parametrik uji Mann-Whitney untuk data angket. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model Learning Cycle 5E dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional terhadap aktivitas belajar.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectLearning Cycle 5Een_US
dc.subjectAktivitas Belajaren_US
dc.subjectHidrolisis Garamen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Materi Pokok Hidrolisis Garam di Kelas XI SMAN 1 Pakem Tahun Ajaran 2019/2020en_US
dc.Identifier.NIM17614059


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record