Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Model Industri Kecil Menengah Produksi Batik (Studi Kasus di CV. Batik Akasia)
Abstract
Industri kreatif mempunyai kontribusi peningkatan perekonomian di
Indonesia. Industri kreatif dituntut maju dan berkembang menghadapi persaingan
global. Salah satu yang dapat dilakukan dengan melalui implementasi strategi bisnis
dengan penerapan bisnis model canvas. Model canvas yang digunakan untuk
melakukan perbaikan dan menciptakan inovasi sistem bisnis yang sudah berjalan.
Permasalahan alternatif strategi bisnis juga terjadi di CV. Batik Akasia. Tujuan
penelitian ini adalah mendapatkan kriteria usaha berkelanjutan yang sudah dijalankan
dan mendapatkan usulan alternatif strategi bisnis dengan pendekatan bisnis model
canvas. Metode penelitian adalah analisa deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan kekuatan utama perusahaan adalah desain motif
khusus dan kelemahan utama perusahaan adalah bagian pemasaran. Peluang utama
perusahaan adalah produk warna alam belum banyak produksi dan ancaman utama
perusahaan tingkat persaingan yang tinggi baik dari dalam ataupun luar negeri.
Berdasakan hasil matriks SWOT dan QSPM didapatkan alternatif strategi yaitu
melakukan inovasi desain motif yang menarik, mengimplementasikan program dari
pemerintah untuk mengembangkan usaha, dan memanfaatkan teknologi untuk
meningkatkan kualitas produk.