Pengaruh Jumlah Kalori Sarapan Pagi Terhadap Tingkat Konsentrasi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia Angkatan 2015
Abstract
Kebiasaan sarapan mahasiswa pada umumnya sering terabaikan.
Sarapan adalah makanan yang disantap pada pagi hari, waktu sarapan dimulai dari pukul
06.00 pagi sampai dengan pukul 10.00 pagi. Sarapan dianjurkan menyantap makanan yang
ringan bagi kerja pencernaan. Paling tidak 35% kebutuhan kalori dari total 3000 kalori
tersebut harus dipenuhi saat sarapan sebagai pengisi tenaga untuk memulai aktivitas, yaitu
sekitar 1.050 kalori. Status sarapan ringan berkisar antara 50-100 kkal, sarapan sedang
berkisar 101-200 kkal, sedangkan sarapan berat diatas 200 kkal. Salah satu manfaat
sarapan adalah mempertahankan konsentrasi.
Tujuan : Untuk mengetahui hubungan antara jumlah kalori sarapan pagi terhadap tingkat
konsentrasi pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia Angkatan
2015.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian Analitik Observasional dengan rancangan
cross sectional, dan menggunakan analisis deskriptif. Diketahui populasi mahasiswi FK
UII Angkatan 2015 yang aktif berjumlah 177 orang dan akan diambil sampel sebesar 124
mahasiswa dari perhitungan menggunakan rumus Sovlin. Data sarapan dari responden
akan dihitung menggunakan piranti NutriSurvey untuk mendapatkan jumlah kalori yang
diasup. Tingkat konsentrasi akan diukur menggunakan angket konsentrasi grid test.
Penelitian ini bersifat deksriptif analitik yang kemudian diuji menggunakan uji hepotesis
chi-kuadrat untuk mengeksplorasi hubungan status sarapan dan status asupan kalori
dengan tingkat konsentrasi.
Hasil : analisis statistic menggunakan uji Chi-Square, didapatkan niali p sebesar 0,120
(p>0,05) artinya bahwa tidak terdapa hubungan yang signifikan antara jumlah kalori
asupan sarapan dengan tingkat konsentrasi pada mahasiswa Fakultas Kedokteran
Universitas Islam Indonesia angkatan tahun 2015.
Kesimpulan : Jumlah kalori sarapan dengan tingkat konsentrasi tidak memiliki hubungan
yang spesifik.
Collections
- Medical Education [2310]