Show simple item record

dc.contributor.advisorArum Handini Primandari
dc.contributor.author16611054 Adhelia Nurfira Rachmi
dc.date.accessioned2021-07-06T05:03:41Z
dc.date.available2021-07-06T05:03:41Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/30082
dc.description.abstractTeknologi komunikasi yang terus berkembang pesat mengakibatkan masyarakat konsumtif akan informasi dan komunikasi. Hal ini dimanfaatkan oleh penyedia jasa layanan telekomunikasi yang terus berinovasi untuk mempertahankan customer. Karena terbukanya persaingan antara penyedia jasa layanan telekomunikasi dapat mengakibatkan customer churn. Prediksi churn dapat dilakukan untuk mengidentifikasi customer churn sejak awal dan membantu sektor CRM (Customer Relationship Management) agar dapat mempertahankan customer, sehingga mengurangi potensi kerugian yang dialami perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi customer churn dengan data data telecommunications churn pada District of Columbia menggunakan metode klasifikasi Random Forest dan Extreme Gradient Boosting, kedua metode ini merupakan bagian dari metode ensemble. Hasil analisis klasifikasi bahwa metode Extreme Gradient Boosting (XGBoost) lebih unggul dibandingkan metode Random Forest dilihat dari tingkat akurasi dan nilai AUC. Metode Extreme Gradient Boosting (XGBoost) mendapatkan nilai akurasi dan AUC sebesar 95.6% dan 0.876, sedangkan metode Random Forest mampu menghasilkan nilai akurasi dan AUC sebesar 93.5% dan 0.799.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectCustomer Churnen_US
dc.subjectKlasifikasien_US
dc.subjectEnsembleen_US
dc.subjectRandom Foresten_US
dc.subjectExtreme Gradient Boostingen_US
dc.titleImplementasi Metode Random Forest dan Xgboost pada Klasifikasi Customer Churnen_US
dc.Identifier.NIM16611054


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record