Show simple item record

dc.contributor.advisorBerlian Kushari, S.T., M.Eng.
dc.contributor.advisorMuhammad Rifqi A, S.T., M Eng
dc.contributor.advisorVendie Abma, ST.,MT.
dc.contributor.authorAhmad Suhada
dc.date.accessioned2021-07-03T04:18:59Z
dc.date.available2021-07-03T04:18:59Z
dc.date.issued2021-02-02
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/29961
dc.description.abstractDampak dari aktivitas lalu lintas menjadi topik utama terutama di negara berkembang seperti Indonesia. Salah satu ruas jalan yang memiliki hambatan samping yang cukup tinggi adalah di Jalan Kaliurang Km 7,0 – 7,6 di depan pasar kolombo hal ini disebabkan karena adanya aktivitas pasar yang mengakibatkan Hambatan samping berdampak pada kinerja lalu lintas pada aktivitas sisi ruas jalan. Hambatan samping yang diamati antara lain pejalan kaki, kendaraan parkir atau berhenti, angkutan masuk atau keluar, kendaraan lambat atau tidak bermotor. Data primer yang digunakan dalam survei ini meliputi hambatan samping, volume lalu lintas, geometri jalan dan kecepatan kendaraan ringan. Data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini meliputi populasi dan tata letak penelitian. Analisis kinerja ruas-ruas Jalan Kaliurang Km 7,0 - 7,6 pada kondisi kapasitas yang mengalami penurunan dan mempengaruhi kecepatan perjalanan, pada kondisi eksisting dan dilakukan analisis alternatif penyelesaian dengan menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI, 1997). Dari hasil survei dan analisis pengaruh di pasar kolombo seperti kinerja hambatan samping dan kecepatan tempuh jalan Kaliurang Km 7,0 – 7,6 pada kondisi eksisting volume aliran total (Q) tertinggi pada jam 10:45 sampai 11:45 pada 1.450 smp/jam. Frekuensi berat hambatan samping yang terjadi pada saat jam puncak volume pada 886.00 kejadian / jam, kecepatan arus bebas (FV) 37 km/jam, kapasitas jalan (C) 2.494 smp / jam dan derajat kejenuhan (DS) 0.58. Kapasitas dasar yang ditetapkan pada MKJI 1997 (C0) adalah 2.900 smp/jam, dan kapasitas reduksi tertinggi pada kapasitas 10:45 - 11:45 (C) adalah 2.494 smp/jam. Kecepatan kendaraan ringan (VLV) adalah 40 km/jam. Hasil analisis alternatif solusi dengan implementasi jalan satu arah menggunakan sistem waktu, kecepatan arus bebas (FV) 45 km / jam, kapasitas jalan (C) 3.107 smp/jam, derajat kejenuhan (DS) adalah 0,47. Hasil analisis solusi alternatif dengan meniadakan parkir pinggir jalan, kecepatan arus bebas (FV) 40 km/jam, kapasitas jalan (C) 2.843 smp/jam, derajat kejenuhan (DS) 0,51.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectVolume Lalu Lintasen_US
dc.subjectHambatan Sampingen_US
dc.subjectKapasitasen_US
dc.subjectKecepatan Tempuhen_US
dc.subjectDerajat Kejenuhanen_US
dc.titlePengaruh Aktivitas Pasar Kolombo Sebagai Hambatan Samping Terhadap Kapasitas Ruas Dan Kecepatan Tempuh Jalan Kaliurang Km 7,0 – 7,6en_US
dc.Identifier.NIM14511092


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record