Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping dan Media Kahoot terhadap Proses Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI Kelas X di MAN 5 Sleman Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh metode pengajaran di MAN 5 Sleman masih hanya menggunakan metode diskusi dan ceramah dalam pembelajaran mata pelajaran SKI dan media yang digunakan masih menggunakan media LKS dan buku, sehingga membuat siswa merasa bosan dalam pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran mind mapping dan media pembelajaran kahoot secara simultan dan parsial efektif terhadap proses pembelajaran SKI siswa kelas X di MAN 5 Sleman.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 5 Sleman, sedangkan objek penelitian ini model pembelajaran mind mapping, media pembelajaran kahoot, dan proses pembelajaran SKI. Teknik pengambilan sampel menggunakan Stratified Random Sampling dengan jumlah sampel 66 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokuemntasi, wawancara, dan angket. Instrumen penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda dan korelasi parsial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penggunaan model pembelajaran mind mapping dan media pembelajaran kahoot secara simultan efektif terhadap proses pembelajaran SKI siswa kelas X di MAN 5 Sleman dengan nilai F = 38.274 dan nilai p (signifikansi) 0,000 < 0,05 (p < 5%). (2) Penggunaan model pembelajaran mind mapping secara parsial efektif terhadap proses pembelajaran SKI pada siswa kelas X di MAN 5 Sleman dengan nilai koefisien r hitung = 0,420 dengan taraf signifikan 0,001 < 0,05. (3) Penggunaan media pembelajaran kahoot secara parsial efektif terhadap proses pembelajaran SKI pada siswa kelas X di MAN 5 Sleman dengan nilai nilai koefisien r hitung = 0,421 dengan taraf signifikans 0,000 < 0,05.
Collections
- Islamic Education [862]