Pengaruh Kompetensi Guru dan Penguasaan Media Power Point terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas IX di MTsN 2 Sleman Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari fenomena saat PPL, peserta didik sangat antusias saat pendidik menyampaikan pembelajaran dengan menggunakan media power point. Dengan tampilan-tampilan power point yang menarik, dan bisa diatur sedemikian rupa, menjadikan peserta didik tidak mudah bosan sehingga dirasa sangat efektif untuk menyampaikan pesan dari pendidik kepada peserta didik. Ketika seorang guru memiliki kemampuan menggunakan power point dengan baik seharusnya tingkat pemahaman juga akan tinggi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menemukan seberapa besar pengaruh kemampuan guru dalam menggunakan media power point terhadap pemahaman siswa di MTs Negeri 2 Sleman
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Lokasi penelitian ini dilakukan di MTsN 2 Sleman. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX di MTsN 2 Sleman. Pengambilan data menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuisioner yang sudah teruji validitas dan reliabilitasnya. Metode analisis data ini menggunakan Uji Regresi Linier Berganda dengan bantuan SPSS versi 25.
Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa ada Pengaruh Kompetensi Guru dan penguasaan media Power point. Hal ini ditunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis menggunakan formula regresi linier berganda dan mendapatkan harga F hitung sebesar 5,519 dengan tingkat signifikansi 0,009 lebih kecil dari 0,05. Dari hasil uji dapat diketahui besar pengaruh variabel Kemampuan Guru dalam menggunakan Power point sebesar 27,6%. Dan juga menunjukkan masih ada sebesar 72,4% pengaruh variabel yang lainnya yang belum diteliti dalam penelitian ini.
Collections
- Islamic Education [864]