Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Academic Distress Dengan Academic Hardiness Sebagai Mediator Pada Mahasiswa Magister Psikologi Profesi Di Universitas X Yogyakarta
Abstract
Kesulitan akademik yang dihadapi mahasiswa selama menjalani studi rentan untuk
menimbulkan respon negatif terhadap stres (distress). Academic distress yang terjadi pada
mahasiswa dapat mengganggu proses studinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
seberapa besar pengaruh dukungan sosial terhadap academic distress pada 144 orang
mahasiswa Magister Psikologi Profesi dengan academic hardiness sebagai mediator. Desain
penelitian ini menggunakan mediasi sederhana dengan satu variabel mediator. Hasil analisis
data menggunakan bootstrapping dengan bantuan program SPSS (Process 2.16)
menunjukkan bahwa (a) terdapat pengaruh negatif antara dukungan sosial terhadap academic
distress (β=0.30, p<0.05), (b) tidak terdapat pengaruh positif antara dukungan sosial terhadap
academic hardiness (β=0.06, p< 0.05), (c) tidak terdapat pengaruh negatif academic hardiness
terhadap academic distress (β= -0.09, p>0.05), (d) tidak terjadi efek mediasi pada pengaruh
dukungan sosial terhadap academic distress melalui academic hardiness.
Collections
- Master of Psychology [349]