Persepsi Mahasiswa Non-Muslim terhadap Eksistensi Bank Syariah (Studi pada Mahasiswa Adonara di Yogyakarta)
Abstract
Adonara merupakan salah satu pulau yang berada di Kepulauan Nusa Tenggara. Tepatnya disebelah timur Pulau Flores, Luas wilayah pulau Adonara 509 km2, dan titik tertinggi 1.676 m. Pulau ini dibatasi oleh Laut Flores di sebelah utara, selat solor di selatan (memisahkan dengan Pulau Solor), serta Selat Lowotobi di barat (memisahkan dengan Pulau Flores). Mayoritas masyarakat Adonara beragama Kristen Katolik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa non-muslim Adonara. Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi mahasiswa yaitu karakteristik bank syariah, promosi bank syariah, produk bank syariah. Model penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner online kepada mahasiswa non-muslim Adonara yang kuliah di Yogyakarta. Besar sampel dalam penelitian ini adalah 100 mahasiswa non-muslim Adonara yang kuliah di Yogyakarta. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, uji regresi linear berganda. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Variable Independen yaitu Karakteristik Bank Syariah (X1), Produk Bank Syariah (X2), Promosi Bank Syariah (X3) dan Variable Dependen yaitu Persepsi Mahasiswa Non-Muslim. Berdasarkan hasil uji t menunjukan bahwa karakteritik bank syariah tidak berpengaruh secara signifikan terhadap persepsi mahasiswa non-mulim tentang eksistensi bank syariah karena nilai thitung < ttabel atau 0,912 < 1,984. Produk bank syariah tidak berpengaruh secara signifikan terhadap persepsi mahasiswa non-muslim tentang eksistensi bank syariah karena nilai thitung < ttabel atau 1,242 < 1,985. Promosi bank syariah berpengaruh signifikan terhadap persepsi mahasiswa non-muslim Adonara Yogyakarta tentang eksistensi bank syariah karena thitung > ttabel atau 9,227 > 1,984. Jadi hasil penelitian ini menunjukan bahwa yang meningkatkan persepsi responden terhadap eksistensi bank syariah adalah promosi, sedangkan untuk karakteristik, dan produk tidak mempengaruhi. Berdasarkan koefisien determinasi memperlihatkan bahwa karakteristik bank syariah, produk bank syariah, promosi bank syariah terhadap persepsi mahasiswa non-muslim tentang eksistensi bank syariah berdasarkan Adjusted R Square sebesar 74,7% atau 0,747, sedangkan 25,3% dijelaskan atau dipengaruhi oleh variabel lain.
Collections
- Islamic Economics [827]