Penerapan Pendekatan Lean Startup Pada Aplikasi EVORIA
Abstract
Di Yogyakarta, terdapat rata-rata lebih dari 10.000 acara setiap tahunnya, seperti acara
pernikahan, acara konser, wisuda mahasiswa, acara yang diadakan oleh pemerintah dan
lainnya. Sebelum acara berlangsung, mereka akan menggunakan beberapa jasa seperti event
organizer, event planner dan vendor untuk melancarkan kegiatan mereka. Namun,
kebanyakan dari mereka mengalami kesulitan ketika hendak mencari informasi terkait
layanan jasa tersebut. Mereka harus mengumpulkan informasi dalam jumlah banyak terlebih
dahulu, kemudian mengeksekusi jasa mana yang akan mereka gunakan untuk acara. Untuk
membantu permasalahan yang ada, maka dibuatlah suatu aplikasi berbasis web bernama
EVORIA, dimana aplikasi tersebut merupakan event marketplace yang menghubungkan
pencari jasa layanan dengan penyedia jasa layanan.
Proses perancangan dan pembuatan aplikasi ini dilakukan dengan menggunakan
pendekatan lean startup, karena akan menjadikan pekerjaan lebih cepat dan efisien.
Pendekatan ini akan berfokus terhadap produk yang dikembangkan dan feedback yang
didapat dari calon pelanggan. Hal tersebut dilakukan untuk mengevaluasi pekerjaan yang
berlangsung dan menjadikan aplikasi sesuai dengan yang diinginkan oleh calon pelanggan.
Pendekatan ini bekerja dengan melalui tiga tahapan yaitu, Marketing Validation, Product
Validation dan Bussines Validation. Pengembangan ide bisnis dengan menggunakan
pendekatan lean startp merupakan pendekatan yang tepat dilakukan dalam merintis bisnis,
karena proses validasi disetiap proses selalu mengacu kepada keinginan konsumen dan juga
waktu pengerjaan untuk memasarkan produk dilakukan dengan cepat.
Collections
- Informatics Engineering [2170]