Show simple item record

dc.contributor.advisorEdi Safitri
dc.contributor.author16422193 Aji Kurniawan
dc.date.accessioned2021-07-01T04:31:42Z
dc.date.available2021-07-01T04:31:42Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/29870
dc.description.abstractSD Negeri 060932 Bangun Mulia Medan merupakan salah satu Lembaga Pendidikan yang dimana sekolah tersebut adalah sekolah umum yang menerima peserta didik maupun pendidik dari berbagai agama, ras dan kebudayaan. Hal ini mengakibatkan pentingnya nilai-nilai toleransi yang harus diterapkan. Berangkat dari permasalahan tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan proses internalisasi, kendala-kendala yang dihadapi selama proses internalisasi nilai-nilai toleransi dan dampak yang dirasakan dari adanya internalisasi nilai-nilai toleransi. Penelitian ini merupakan merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru dan Peserta Didik kelas VI SD Negeri 060932 Bangun Mulia. Objek Penelitian ini berupa internalisasi nilia-nilai toleransi dalam pembelajaran agama pada kelas VI. Teknik yang di gunakan dalam menentukan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Lokasi penelitian di SD Negeri 060932 Bangun Mulia Medan. Teknik pengambilan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Internalisasi nilai-nilai toleransi dalam pembelajaran agama pada kelas VI dilakukan dengan mengimplementasikan materi yang diberikan, himbauan dari pendidik, dan pengadaan kegiatan keagamaan di sekolah 2) Kendala dalam proses internalisasi nilai-nilai toleransi dalam pembelajaran agama terdapat kendala dalam proses pembelajaran seperti contohnya hewan anjing yang berkeliaran dilingkup sekolah dan sebagian murid yang belom mampu mengimplementasikan pentingnya arti toleransi dikeseharian mereka 3) Dampak dari adanya internalisasi nilai-nilai toleransi membuat suasana sekolah damai dan antar warga sekolah saling menghormati, menghargai dan juga saling tolong menolong walaupun berbeda agama.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectInternalisasien_US
dc.subjectToleransien_US
dc.subjectPembelajaran Agamaen_US
dc.titleInternalisasi Nilai-Nilai Toleransi dalam Pembelajaran Agama di Kelas VI SD Negeri 060932 Bangun Mulia Kecamatan Medan Amplas Kota Medanen_US
dc.Identifier.NIM16422193


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record