Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powtoon terhadap Berfikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking Skills) pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Modern Assa’adah Serang Banten
Abstract
Penggunaan media pembelajaran, khususnya media pembelajaran powtoon, akan dapat meningkatkan cara berpikir atau kegairahan belajar peserta didik. Dengan media pembelajaran powtoon, maka materi pembelajaran akan tersampaikan secara jelas. Selain itu, dengan penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran akan dapat membuat peserta didik lebih fokus dalam belajar sehingga membangkitkan cara berpikir ringkat tinggi (high order thinking skills).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk jenis penelitian lapangan (field research). Subjek yang dijadikan responden adalah 40 baik siswa-siswi kelas X Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Modern Assa’adah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana yang diolah dengan bantuan komputer program SPSS versi 24 for windows.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual powtoon terhadap berpikir tingkat tinggi (high order thinking skills) (2) Tidak ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran audio visual powtoon terhadap berpikir tingkat tinggi (high order thinking skills) yang ditunjukkan dengan nilai korelasi yaitu sebesar 0,244, yang mengindikasikan bahwa tingkat keeratan variabel adalah rendah. Hal tersebut menunjukan bahwa tingkat hubungan antara powtoon terhadap berpikir tingkat tinggi (high order thinking skills) memiliki pengaruh dengan kategori rendah. Dari 100% menunjukan masih ada sebesar 94.2% pengaruh variabel lain yang belum diteliti dalam penelitian ini.
Collections
- Islamic Education [864]