Implementasi Pembelajaran Nilai-Nilai Profetik dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini di PAUD Al-Khomsiyah, Sleman, Yogyakarta
Abstract
Misi utama Rasulullah SAW diutus ke alam dunia ini adalah untuk menyempurnakan akhlak yang mulia. Sampai kapanpun akhlak yang mulia memiliki posisi yang penting dalam Islam. Adapun penelitian ini dilatar belakangi atas keadaan masyarakat Indonesia yang saat ini tengah mengalami krisis moral karena kurangnya penerapan pendidikan yang menanamkan nilai moral/akhlak terhadap peserta didik. Dalam pendidikan Islam, pendidikan karakter disebut dengan pendidikan akhlak. Oleh sebab itu, pendidikan karakter memiliki kedudukan yang sangat penting dalam membentuk akhlak peserta didik berdasarkan ajaran yang dibawa oleh Rasulullah SAW sebagai pendidik bahkan panutan bagi seluruh umat manusia. Dengan meneruskan misi Rasulullah SAW tersebut diharapkan dapat membentuk akhlak mulia bagi peserta didik. Maka salah satu cara dalam meneruskan misi tersebut adalah dengan mengimplementasikan pendidikan profetik secara holistis di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran nilai-nilai profetik terhadap anak usia dini di PAUD Al-Khomsiyah Sleman, 2) Untuk mengetahui bagaimana indikator keberhasilan pembelajaran nilai-nilai profetik terhadap pembentukan karakter anak usia dini di PAUD Al-Khomsiyah Sleman.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Jenis penelitian ini adalah field research. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, pendiri sekolah, dan guru. Teknik yang digunakan dalam menentukan informan adalah teknik Purposive Sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Keabsahan datanya menggunakan Triangulasi, dan analisis datanya menggunakan model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penariakan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran nilai-nilai profetik yang dilakukan di PAUD Al-Khomsiyah, Sleman, dapat membentuk karakter anak usia dini yang ditunjukkan dalam aktifitas-aktifitas harian peserta didik yang menggambarkan nilai-nilai profetik yaitu Humanisasi, Transendensi, dan Liberasi.
Collections
- Islamic Education [864]