Pengaruh Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri 3 Sleman
Abstract
Salah satu komponen pendidikan adalah adanya peran guru dalam proses belajar. Komunikasi interpersonal menjadi kemampuan mendasar yang harus dimiliki guru terutama untuk mata pelajaran bahasa, terutama bahasa Arab. Guru yang memiliki kemampuan komunikasi interpersonal yang baik akan membantu peserta didik dalam meningkatkan minat belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan komunikasi interpersonal guru terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Arab di MAN 3 Sleman.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket (kuesioner) dan dokumentasi. Sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah 2 variabel yaitu komunikasi interpersonal dan minat belajar. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X dan XI di MAN 3 Sleman yang berjumlah 160 siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS (Statistical Products Service Solution) versi 26.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan dengan jumlah responden 160 peserta didik, ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan komunikasi interpersonal guru terhadap minat belajar pada mata pelajaran bahasa Arab di MAN 3 Sleman. Hal tersebut ditunjukkan dengan taraf signifikansi p=0.000, sehingga p<0.01 artinya hipotesis yang diajukan diterima. Diketahui besarnya nilai korelasi (R) yaitu sebesar 0,345. Serta diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,119 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh kemampuan komunikasi interpersonal guru terhadap minat belajar peserta didik sebesar 11,9%.
Collections
- Islamic Education [862]