dc.description.abstract | Penelitian ini mendeskripsikan strategi guru dalam pembentukan kaeakter religius peserta didik kelas X – XI, penelitian ini di lakukan di MAN 4 Sleman di jl. Pakem – sleman km 0.8 pojok harjobinangun pakem sleman. Penelitian bertujuan untuk mengatahui strategi yang di pakai guru untuk membentuk karakter religius peserta didik, di latar belakangi dengan penglihatan peneliti kurangnya rasa hormat kepada guru dan yang lebih tua, dan akhlak dan kedesiplinan dan sopan santun yang kurang baik oleh peserta didik, maka tujuan dari peneliti ini mengetahui strategi apa yang digunakan untuk membentuk karakter religius peserta didik.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, informan peneliti ini adalah ada kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, dan staf guru, dan beberapa anak kelas X dan kelas XI. Teknik yang di gunakan pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik triagulasi dengan teknik pengumpulan data : observasi, wawancara, dokumentasi. Langkah menganalisis data adalah dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data kemudian untuk menguji validasi data dilakukan ini kredibilitas, transferbilitas, dependebilitas dan konfirmabilitas.
Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa Man 4 sleman, bisa dalam strategi pembentukan karakter religius peserta didik yang mana menjadi acuan nya di dalam visi dan misi Man 4 Sleman itu sendiri dan berbagai cara atau metode yang lakukan oleh guru yang di lakukan kepada siswa seperti : pendekatan interaktif, motivasi kepada siswa, menasehati, kedisplinan dan mengikutin kegiatan program yang ada di Man 4 Sleman, guna untuk membentuk karakter yang baik. | en_US |