Implementasi Program BTAQ (Baca Tulis Alquran) dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Alquran Siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Sleman, Yogyakarta
Abstract
Program BTAQ di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Sleman merupakan sebuah program ekstrakurikuler yang dilaksanakan dua kali dalam satu minggu. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui Bagaimana implementasi program BTAQ (Baca Tulis Al-Quran) di MAN 2 Sleman Yogyakarta. Mengetahui Apakah program BTAQ (Baca Tulis Al-Quran) dapat meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Quran siswa di MAN 2 Sleman Yogyakarta.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif denga jenis penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Sleman, Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Koordinator Program BTAQ, Guru Pengampu BTAQ dan Wali Kelas kelas Sepuluh MAN 2 Sleman. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, Wawancara dan Dokumentasi.
Hasil penelitian menunnjukan bahwa implementasi program BTAQ di Man 2 Sleman sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan instruksi Kemenag DIY sebagai salah mata pelajaran muatan lokal di Madrasah. Metode yang digunakan dalam proses pembelajaran BTAQ di MAN 2 Sleman adalah Tamtsil atau peragaan dan Sorogan. Media yang digunakan dalam proses pembelajaran BTAQ ini adalah video [embelajaran terkait meteri BTAQ yang ingin disampaikan yang kemudian diunggah di Youtub serta kartu perkembangan kemampuan siswa yang digunakan pada saat melakukan tatap muka dengan guru. Berdasarkan hasil penelitian di atas, program BTAQ terbukti meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Quran siswa kelas sepuluh MAN 2 Sleman, karena secara internal siswa memiliki ketakutan tersendiri akan tinggal kelas atau pindah sekolah, secara eksternal guru pengampu BTAQ membimbing para siswa di MAN 2 Sleman sesuai dengan standar yang sudah ditentukan oleh sekolah tersebut.
Collections
- Islamic Education [862]