Show simple item record

dc.contributor.advisorSupriyanto Abdi
dc.contributor.author16422185 Renni Anisa Pertiwi
dc.date.accessioned2021-06-29T02:02:19Z
dc.date.available2021-06-29T02:02:19Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/29758
dc.description.abstractEra digital menjadikan pendidikan semakin mudah dan efisien. Mewabahnya virus yang melumpuhkan berbagai aspek kehidupan salah satunya pendidikan sehingga mengharuskan proses pembelajaran secara jarak jauh. Pendidik perlu meningkatkan kemampuan dan kompetensi pendidik supaya dalam menyalurkan informasi kepada peserta didik adalah benar. Selain itu, mengakses informasi/sumber belajar, memperoleh maupun memanfaatkan media pembelajaran. Hal ini perlu untuk meningkatkan mutu pembelajaran maupun menghadapi masa modern. Oleh sebab itu peneliti akan mengungkap: 1. Bagaimana tingkat literasi digital guru PAI di SMA N 1 Samigaluh dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh PAI selama masa pandemi Covid-19, 2. Bagaimana upaya sekolah dan guru PAI dalam meningkatkan literasi digital untuk meningkatkan pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Dan Waka Sarana Prasarana SMA N 1 Samigaluh. Objek penelitian ini merupakan penguatan literasi digital guru Pendidikan Agama Islam. Teknik yang digunakan dalam menentukan subjek penelitian ini menggunakan Teknik Purposive Sampling yaitu memilih subjek penelitian berdasarkan tujuan tertentu. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik Triangulasi Hasil penelitian ini menunjukkan hasil bahwa penguatan literasi digital guru PAI di SMA N 1 Samigaluh secara umum cukup baik, terutama dari segi pemahamannya tentang arti penting literasi digital bagi guru dewasa ini dan penguasaan terhadap sejumlah model pembelajaran berbasis teknologi digital. Kemudian upaya penguatan literasi digital dilakukan secara mandiri oleh guru PAI maupun dari pihak sekolah.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectLiterasi Digitalen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPandemi Covid-19en_US
dc.titlePenguatan Literasi Digital Guru Pendidikan Agama Islam pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Samigaluh, Kulonprogo, D. I. Yogyakarta)en_US
dc.Identifier.NIM16422185


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record