Show simple item record

dc.contributor.advisorSupriyanto Abdi
dc.contributor.author16422147 Izza Fazira
dc.date.accessioned2021-06-29T01:45:48Z
dc.date.available2021-06-29T01:45:48Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/29756
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh latar belakang pendidikan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar bahasa Arab. Fakta di lapangan menunjukkan beberapa siswa yang mengalami kesulitan belajar bahasa Arab dikarenakan berlatar belakang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan kurangnya antusias mereka terhadap mata pelajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research). Lokasi penelitian ini berada di MAN 5 Sleman Yogyakarta, dengan respondennya yaitu siswa kelas Xyang memiliki populasi 190 siswa dan responden yang digunakan hanya 35% dari total populasi yaitu 66 siswa. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik proportionate stratified random sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Sedangkan teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (a) Besarnya pengaruh latar belakang pendidikan terhadap hasil belajar adalah 0,01 yang ditunjukkan oleh Thitung sebesar 0,173 dengan nilai Sig sebesar 0,864. Hal ini mempunyai arti bahwa nilai Thitung ≤Ttabel 1,999 dan nilai Sig ≥0,05. Dengan demikian variabel latar belakang pendidikan tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar bahasa Arab kelas X di MAN 5 Sleman. (b) Besarnya pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar adalah 0,018 Thitung sebesar 1,338 dengan nilai Sig sebesar 0,186. Hal ini mempunyai arti bahwa nilai Thitung ≤Ttabel 1,999 dan nilai Sig ≥0,05. Dengan demikian variabel motivasi belajar tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar. (c) Besarnya pengaruh latar belakang pendidikan dan motivasi belajar yang ditunjukkan dari hasil uji determinasi menunjukkan nilai Rsquare sebesar 0,037 yang artinya 3,7%, sedangkan sisanya sebesar 96,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectlatar belakang pendidikanen_US
dc.subjectmotivasi belajaren_US
dc.subjecthasil belajaren_US
dc.titlePengaruh Latar Belakang Pendidikan dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas X di MAN 5 Sleman Yogyakartaen_US
dc.Identifier.NIM16422147


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record