Show simple item record

dc.contributor.advisorImam Mujiono
dc.contributor.author16422117 Muhammad Adji Pangestu
dc.date.accessioned2021-06-29T01:38:32Z
dc.date.available2021-06-29T01:38:32Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/29755
dc.description.abstractPendidikan afektif di sekolah sebagai upaya untuk mengendalikan kepribadian remaja untuk penyempurnaan karakter. Pembentukan karakter dengan penerapan pendidikan afektif merupakan salah satu langkah yang efektif dalam meningkatkan kecerdasan spiritual yang baik. Terutama di sekolah menengah atas (SMA), di mana di tingkatan ini akan membentuk karakter dan perilaku siswa. Seharusnya, pendidikan afektif dapat mempengaruhi pembentukan karakter siswa di sekolah untuk mengendalikan kepribadian dan meningkatkan spiritual dengan baik agar dapat menurunkan tingkat kasus-kasus moral remaja. Senyatanya, sekilas peneliti belum melihat secara jelas dalam implementasi pendidikan afektif dalam pembentukan karakter siswa di SMA Negeri 3 Yogyakarta karena peneliti belum melihat lebih jauh pengaruh implementasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan afektif di SMA Negeri 3 Yogyakarta, melihat pembentukan karakter di SMA Negeri 3 Yogyakarta, menemukan pengaruh implementasi pendidikan afektif terhadap pembentukan karakter siswa di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket (kuesioner) dan dokumentasi. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah dua variabel yaitu pendidikan afektif dan pembentukan karakter. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMA Negeri 3 Sleman yang berjumlah 89 siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS (Statistical Products Service Solution) versi 17.0 for windows. Temuan penelitian ini adalah: (1) Implementasi pendidikan afektif di SMA Negeri Yogyakarta dengan nilai, moral dan etika, motivasi, kompetensi sosial, religiusitas, dan akidah akhlak. (2) Pembentukan karakter dengan penekanan internalisasi nilai, berbagai pendekatan, dan menciptakan suasana keagamaan. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara implementasi pendidikan afektif terhadap pembentukan karakter siswa di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Hal tersebut ditunjukkan dengan taraf signifikansi p=0.000, sehingga p<0.05 artinya hipotesis yang diajukan diterima. Diketahui besarnya nilai korelasi (R) yaitu sebesar 0,823. serta diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,677 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh implementasi pendidikan afektif terhadap pembentukan karakter siswa sebesar 67,7%.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPendidikanen_US
dc.subjectAfektifen_US
dc.subjectKarakteren_US
dc.titlePengaruh Implementasi Pendidikan Afektif terhadap Pembentukan Karakter Siswa di SMA Negeri 3 Yogyakartaen_US
dc.Identifier.NIM16422117


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record