Konsep Pendidikan Karakter di SDIT Amanah Jl.Karangdowo-Juwiring Bendo Ketitang Kecamatan Juwiring Kabupaten Klaten Jawa Tengah dalam Prespektif Ibnu Khaldun
Abstract
Dalam dunia pendidikan Islam di Indonesia, problem pendidikan menjadi suatu permasalahan yang komplek. Islam memandang pendidikan sebagai instrumen untuk membangun kebudayaan dan peradaban, yaitu membangun daya cipta, rasa, dan karsa; atau membangun aspek fisik seperti pancaindra, akal pikiran, hati, dan nurani secara seimbang dan integrasi, sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam. Dalam hal ini selaras dengan pembelajaran menurut Ibnu Khaldun, yang menjelaskan bahwa pendidikan islam itu nantinya akan membangun peradaban bangsa. Oleh karena itu penulis ingin mengetahui bagaimana pendidikan karakter yang ada di SDIT Amanah dan bagaimana pendidikan karakter di SDIT Amanah dalam perspektif Ibnu Khaldun serta relevansinya dengan pendidikan masa kini di SDIT Amanah Jl. Karangdowo-Juwiring, Bendo, Ketitang, Kec. Juwiring, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDIT Amanah dan kepala sekolah. Objek penelitian ini adalah konsep pendidikan karakter di SDIT Amanah. Teknik yang digunakan dalam menentukan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling nonrandom. Teknik pengumpulan data melalui kegiatan wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman. Keabsahan data dengan uji kredibility, uji transferability, uji dependability dan uji konfirmability.
Dalam penelitian terdapat aspek metode tahapan dan pengulangan Selanjutnya yaitu kasih sayang. Yang ketiga peninjauan usia dalam mengajar Al-quran. Yang keempat penyesuaian fisik dan psikis peserta didik. Selanjutnya kesesuaian dengan perkembangan potensi peserta didik. Keempat penguasaan satu bidang. Yang kelima widya-wisata. Yang keenam pratek atau latiham dan yang terakhir menghindari peringkasan buku. Analisis data yang ada bahwa tingkat pendidikan karakter di SDIT Amanah Klaten dalam perspektif Ibnu Khaldun sebesar 40,2 % dan masuk dalam kategori sedang cenderung tinggi. Sehingga masih sangat relevan teori pendidikan karakter Ibnu Khaldun diterapakan dalam pendidikan sekarang di SDIT Amanah Klaten.
Collections
- Islamic Education [862]