Strategi Bersaing UMKM Capcuzz dalam Meningkatkan Penjualan Perspektif Etika Bisnis Islam
Abstract
Industri makanan dan minuman menjadi salah satu sektor andalan dalam memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional yang masih mampu tumbuh positif pada triwulan II tahun 2020 setelah tertekan berat akibat dampak pandemi Covid-19. Momentum pertumbuhan positif ini yang harus dijaga dan ditingkatkan. Untuk dapat bertahan dalam persaingan industri makanan dan minuman dibutuhkan perencanaan dan pengembangan strategi sebuah industri yang tepat dan efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bersaing UMKM dalam meningkatkan penjualan perspektif etika bisnis Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara kepada owner, kepala gudang, karyawan dan karyawati Capcuzz. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi yang digunakan Capcuzz adalah strategi diferensiasi. Strategi diferensiasi Capcuzz terletak pada menamai industri dengan nama familiar, teknologi yang digunakan, karakteritik khususnya, pelayanan konsumen, dan jaringan penyaluran. Serta dalam penerapan etika bisnis Islam Capcuzz telah menerapkan empat prinsip etika bisnis Islam yaitu tauhid, keseimbangan, kebebasan dan tanggung jawab
Collections
- Islamic Economics [827]