Show simple item record

dc.contributor.advisorArum Handini Primandari
dc.contributor.author13611110 Titis Rahmawati
dc.date.accessioned2021-06-28T05:37:28Z
dc.date.available2021-06-28T05:37:28Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/29730
dc.description.abstractPeramalan merupakan proses perkiraan pada waktu yang akan mendatang berdasarkan data pada masa lampau menggunakan metode atau analisis statistika. Adanya pandemi Covid-19, mendorong masyarakat untuk bertransaksi secara daring—tidak terkecuali belanja. Terdapat beberapa market place yang populer di Indonesia, salah satunya Shopee. Animo pencarian shopee dapat dilacak melalui website google trend. Penelitian ini melakukan peramalan animo masyarakat tersebut dengan menggunakan metode Fuzzy time series Chen. Metode ini tidak membutuhkan asumsi normalitas maupun auto korelasi, sehingga lebih sederhana daripada metode stokastik. Namun, metode ini cukup baik untuk mengikuti pola data runtun waktu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil peramalan minat konsumen terhadap Shopee pada periode berikutnya, serta mengetahui tingkat akurasi hasil peramalan menggunakan metode Fuzzy time series Chen. Hasil penelitian ini menunjukan untuk D1 dan D2 bernilai 0 diperoleh MAPE adalah 71.581% dan MSE adalah 61.2. sedengkan, untuk D1 dan D2 bernilai 10 diperoleh MAPE adalah 18.081% dan MSE adalah 30.53.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPeramalanen_US
dc.subjectFuzzy Time Series Chenen_US
dc.subjectMarketplaceen_US
dc.subjectShopeeen_US
dc.titlePeramalan Minat Penelusuran terhadap Marketplace Shopee Menggunakan Metode Fuzzy Time Series Chen (Studi Kasus: Data Penelusuran Konsumen Terhadap Marketplace Shopee)en_US
dc.Identifier.NIM13611110


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record