Aplikasi Edukasi Pengenalan Satwa Berbasis Augmented Reality untuk Anak Usia Dini
Abstract
Abstrak—Pengenalan satwa dapat merangsang otak anak untuk berimajinasi dan melatih kreativitas. Selama ini pengenalan satwa kepada anak masih banyak yang menggunakan buku atau kertas poster. Akan sangat berguna apabila teknologi yang saat ini berkembang dapat dimanfaatkan untuk dunia pendidikan baik formal maupun informal. Berdasarkan dari uraian masalah di atas, penulis mengangkat judul “Aplikasi Edukasi Pengenalan Satwa Berbasis Augmented Reality untuk Anak usia dini”.
Augmented Reality diharapkan dalam pembelajarannya tentang satwa dapat lebih menarik dan menyenangkan karena Augmented Reality dapat menjadi sebuah alat peraga virtualisasi satwa dalam bentuk 3D. Aplikasi Satwa AR ini bekerja dengan beberapa proses, pengguna menjalankan aplikasi satwa AR, kemudian kamera yang akan diaktifkan dalam aplikasi melakukan proses pendeteksian marker, setelah itu marker akan dikenali sesuai dengan data acuan yang terdapat pada sistem aplikasi satwa AR, maka sistem akan dapat menampilkan satwa secara 3 dimensi dengan informasi yang disediakan pada layar smartphone.
Collections
- Informatics Engineering [2148]