Metode Pendidikan Parenting Perspektif Tasawuf Semar Dan Tarbiyat Al-Aulad Fi Al-Islam
Abstract
Kasus kekerasan antara orang tua dan anak di Indonesia masih terus
terjadi. Salah satu penyebabnya adalah metode pola asuh yang salah. Parenting
yang diterapkan belum menyentuh ranah budaya dan agama. Semar yang
merupakan guru sejati telah mencontohkan pola parentingnya yaitu keteladanan
sifat dan nasihat luhurnya. Dengan menemukan persamaan dan perbedaan antara
parenting budaya dan agama orang tua akan memiliki pengetahuan yang
kompleks dalam mendidik anaknya dalam rangka untuk transfer nilai.
Penelitian ini pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya studi kepustakaan
dengan menggunakan sumber primer dan sekunder. Sumber primer buku
Muhammad Zairul Haq dengan judul Tasawuf Semar hingga Bagong Simbol,
Makna dan Ajaran Makrifat dalam Panakawan dan kitab Tarbiyat al-Aulad fi alIslam
karya
Dr.
Abdullah
Nashih
„Ulwan.
Sedangkan
data
sekunder
berasal
dari
sumber
bacaan
terkait.
Pengumpulan
datanya
menggunakan
library
research
dan
dokumentasi.
Sedangkan
metode
analisisnya
menggunakan
analisis
konten.
Hasil penelitiannya pendidikan parenting Semar menggunakan metode
keteladanannya tercermin dalam naskah lakon Semar Maneges yaitu laku prihatin,
sabar, jujur, tanggung jawab. Sedangkan metode nasehat terdapat di ajaran
Pancawisaya yang memuat sikap rela, ikhlas, berhati-hati dan meningkatkan iman.
Persamaannya terletak pada metode keteladan dan nasihaat yang digunakan oleh
keduanya. Sedangkan perbedaan dari Pendidikan parenting Semar dan Tarbiyat
al-Aulad fi al-Islam adalah terletak pada fungsi pendidikan parenting, metode
parenting, tujuan parenting, serta materi dalam pendidikan parenting