Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Drs. Yusdani, M.Ag
dc.contributor.authorAulia Rahmi
dc.date.accessioned2021-06-28T02:41:00Z
dc.date.available2021-06-28T02:41:00Z
dc.date.issued2021-01-26
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/29716
dc.description.abstractZakat adalah salah satu filantropi yang sedang berkembang pesat di Indonesia, selain itu zakat juga termasuk ibadah maliyyah ijtima’iyah yang posisinya sangat penting dan strategis. Aktivitas atau kegiatan zakat sangat mempengaruhi tumbuh berkembangnya zakat, kegiatan tersebut antara lain dimulai dari pengumpulan, pendistribusian, dan pelaporan zakat. Pengumpulan atau penghimpunan zakat adalah salah satu kegiatan yang penting, di zaman milenial sekarang Badan Amil Zakat Nasional memanfaatkan teknologi yang ada guna memaksimalkan penghimpunan zakat yang ada. Kemajuan teknologi akhirnya membuat Badan Amil Zakat Nasional membangun mitra dan bekerja sama dengan platfrom-platfrom agar dana zakat yang terhimpun maksimal dan lebih efektif. Selain itu, dengan metode digitalisasi zakat, akan memudahkan para muzaki dalam menyalurkan zakatnya. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana efektivitas program layanan zakat digital Badan Amil Zakat Nasional terhadap penghimpunan zakatnya. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif dengan pendekatan yang dipilih sosio ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitan lapangan dengan sifat deskriptif. Sementara Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi, dengan Teknik pengumpulan dan menganalisis data model Miles dan Huberman. Adapun hasil penelitian ini adalah dalam penghimpunan dana zakat melalui digital fundraising bisa dikatakan efektif kerena telah sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh James L. Gibson, dkk yaitu bisa dinyatakan efektif jika sesuai dengan produktivitas dalam pencapaian tujuan, kemampuan adaptasi, kepuasan kerja dan pengembangan. Dalam penelitian ini Badan Amil Zakat Nasional telah memenuhi teori yang telah dikemukakan Gibson, dkk akan tetapi belum memenuhi syarat pada produktivitas dalam pencapaian tujuannya, kemudian dengan adanya layanan digital Badan Amil Zakat Nasional memudahkan muzaki terkhususnya kalangan milenial dalam membayarkan zakatnya. Kemudian di masa pandemi layanan digital fundraising dapat membantu Badan Amil Zakat Nasional Pusat dalam mencapai target keseluruhan pengumpulan zakat yang diinginkan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectBAZNASen_US
dc.subjectPenghimpunanen_US
dc.subjectEfektivitasen_US
dc.subjectZakat Digitalen_US
dc.titleEfektivitas Program Layanan Digital Baznas Indonesia Terhadap Penghimpunan Zakat Pada Baznas Periode 2016-2019en_US
dc.Identifier.NIM18913046


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record