Show simple item record

dc.contributor.advisorNanang Nuryanta
dc.contributor.author16422029 Yusuf Rasikh
dc.date.accessioned2021-06-25T08:22:32Z
dc.date.available2021-06-25T08:22:32Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/29698
dc.description.abstractLatar belakang yang mendasari penelitian ini adalah adanya aplikasi pembelajaran berbasis internet yakni geschool yang sudah diterapkan di MAN 1 Yogyakarta. Geschool mulai diterapkan sebagai media pembelajaran dan digunakan untuk menjadi salah satu media evaluasi yang meliputi penilaian harian, penilaian akhir semester dan penilaian akhir tahun. Dalam penerapannya ada beberapa kendala yang dialami oleh siswa ketika menggunakan aplikasi ini mulai dari kendala teknis mulai dari adanya eror system seperti adanya kesalahan penulisan atau tidak bisa menampilkan tulisan dalam bentuk rumus dan symbol-simbol tertentu serta adanya timing eror dimana tidak bisa menyesuaikan dengan waktu yang senyatanya atau real time. Hal ini yang membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian untuk mengukur seberapa besar tingkat efektivitas aplikasi geschool yang digunakan sebagai media evaluasi hasil belajar siswa dengan tujuan diadakan penelitian ini yakni untuk mengetahui seberapa besar tingkat efektivitas aplikasi geschool ketika diterapkan sebagai media evaluasi hasil belajar siswa kelas XI MIPA di MAN 1 Yogyakarta Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan lokasi penelitian atau sasaran penelitian yakni di MAN 1 Yogyakarta kelas XI MIPA dimana data diperoleh dari hasil belajar siswa yakni nilai penilaian tengah semester dan penilaian akhir semester sebagai data primer untuk mengukur perbandingan dari rata-rata hasil belajar dari penggunaan media geschool dan paper, teknik samping yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunkan proportionate stratified random sampling, objek penelitian ini yaitu aplikasi geschool, instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah diambil dari data primer yakni hasil belajar siswa kelas XI MIPA meliputi penilaian tengah semester dan penilaian akhir semester, serta teknik analisis yang digunakan yakni dengan uji two way anova. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa aplikasi geschool tidak cukup efektif untuk digunakan sebagai media evaluasi hasil belajar siswa yang diukur berdasarkan hasil signifikansi dimana diperoleh p=0,906 lebih besar dari 0.05 sehingga tidak ada perbedaan yang signifikan dari pennggunaan media geschool dan paper, serta diukur dari hasil rerata penggunaan media geschool dan paper dimana diperoleh rata-rata sebesar 82.901 untuk media geschool dan 81.889 untuk media paper. Selanjutnya berdasarkan perhitungan R square diperoleh 19.8% dari 80.2% variabel yang tidak diteliti karena peneliti hanya menggunakan hasil atau nilai siswa untuk dijadikan parameter penelitian artinya masih ada beberapa aspek yang dapat mempengaruhi tingkat efektivitas aplikasi geschool inien_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAplikasi geschoolen_US
dc.subjectefektivitasen_US
dc.subjectmedia evaluasi hasil belajaren_US
dc.titleEfektivitas Aplikasi Geschool sebagai Media Evaluasi Hasil Belajar pada Siswa Kelas XI MIPA di MAN 1 Yogyakartaen_US
dc.Identifier.NIM16422029


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record