Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Nur Kholis, S.Ag., SEI., M.Sh.Ec.
dc.contributor.authorEdo Segara Gustanto
dc.date.accessioned2021-06-25T07:29:20Z
dc.date.available2021-06-25T07:29:20Z
dc.date.issued2021-01-26
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/29690
dc.description.abstractSalah satu isu yang cukup kontroversial dalam pemasaran syariah adalah pembagian segmen pasar syariah menjadi dua segmen besar yaitu pasar emosional dan pasar rasional. BPRS mempunyai tantangan yang mendasar apakah penerapan syariah benar-benar seperti yang ada pada benak konsumen, terutama pada aspek manajemen yang merupakan disiplin ilmu yang langsung kaitannya dengan perusahaan. Ini menjadi penting karena tidak bisa dipungkiri bahwa perusahaan yang benar-benar menerapkan manajemen sesuai syariah akan mengeluarkan produk-produk yang sesuai syariah pula. Manajemen Islam adalah interpretasi dari praktik manajemen, sebagaimana dijelaskan dalam praktik Islam. Pertumbuhan dan minat baru-baru ini pada keuangan Islam telah menyebabkan para peneliti merenungkan apakah Islam menawarkan penjelasan dengan mengacu pada berbagai bidang lain dalam studi manajemen. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan populasi Bank Pembiayaan Rakyat Syariah di Daerah Istimewa Yogyakarta (BPRS Barokah Dana Sejahtera, BPRS FORMES, BPRS Madina Syariah). Sampel penelitian ini adalah 99 nasabah (konsumen) yang diambil dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data primer. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik statistik uji validitas (korelasi), uji regresi (realibilitas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis deskriptif, persepsi konsumen setuju bahwa penerapan Prinsip-Prinsip Manajemen Syariah telah diterapkan di BPRS. Kemudian berdasarkan analisis korelasi menunjukkan hubungan positif antara penerapan Prinsip-Prinsip Manajemen Syariah dengan Persepsi Konsumen. Dibuktikan dengan nilai signifkansi sebesar 0,000 < 0,05 dan pada analisis regresi linier berganda juga memiliki nilai signifikan 0,000 < 0,05 dengan besar pengaruh 92,1%. Dengan demikian, semakin baik penerapan Prinsip Prinsip Manajemen Syariah maka semakin baik pula Persepsi Konsumen terhadap BPRS.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPersepsi Konsumenen_US
dc.subjectManajemen Syariahen_US
dc.subjectBank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS)en_US
dc.titlePengaruh Penerapan Prinsip-Prinsip Manajemen Syariah Terhadap Persepsi Konsumen (Studi Pada BPRS di Daerah Istimewa Yogyakarta)en_US
dc.Identifier.NIM16913093


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record