Analisis Permasalahan Pada Aplikasi Smartphone KAI Access Berdasarkan End-User Review Menggunakan Metode Text-Mining Dan Fishbone Diagram
Abstract
Perkembangan teknologi yang begitu cepat mendorong manusia untuk ikut
beradaptasi dengan segala macam perubahan. Hal ini mendorong para perusahaan
di berbagai sektor untuk menyesuaikan proses bisnis mereka terhadap trend
perkembangan teknologi. Salah satunya yakni PT. Kereta Api Indonesia (Persero)
yang merilis aplikasi smartphone KAI Access agar mempermudah pengguna jasa
kereta api. Namun ternyata banyak pengguna KAI Access menyuarakan
keluhannya di Google Play Store. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
permasalahan KAI Access berdasarkan ulasan pengguna, meneliti akar
permasalahan menggunakan fishbone diagram serta memberikan saran perbaikan.
Dari hasil analisis ulasan, diperoleh delapan kata kunci permasalahan atau keluhan
utama pengguna aplikasi KAI Access, yakni permasalahan “bad”, “email”, “error”,
“fix”, “login”, “ticket”, “time”, dan “update”. Kemudian berdasarkan analisis
association rules, terdapat 45 rules yang berhubungan dengan kata kunci
permasalahan. Beberapa penyebab permasalahan di antaranya terdapat masalah
yang berkaitan dengan pencarian, pemesanan hingga pembayaran tiket, terdapat
keluhan terkait server, serta masalah terkait akun pengguna. Solusi penyelesaian
masalah yang dapat dilakukan yakni melakukan diskusi atau komunikasi antara
pihak KAI Access dan pengguna aplikasi, sehingga kedua belah pihak dapat
menyelaraskan informasi serta mengetahui letak kesalahan dari permasalahan
tersebut. Selanjutnya, pengecekan hingga perbaikan server ataupun sistem
informasi internal aplikasi dapat dilakukan sebagai tindak lanjut atas diskusi yang
telah dilakukan.
Collections
- Industrial Engineering [2227]