Show simple item record

dc.contributor.authorArdiyanti, Kiki Faradina /13711081
dc.date.accessioned2021-06-24T06:47:10Z
dc.date.available2021-06-24T06:47:10Z
dc.date.issued2016-10-21
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/29599
dc.description.abstractBeberapa tahun terakhir metode pembelajaran PBL telah banyak diterapkan oleh institusi pendidikan kedokteran di dunia. Diskusi tutorial merupakan inti dari metode pembelajaran PBL. Berdasarkan teori belajar kolaboratif, keaktifan dalam diskusi berhubungan dengan retensi informasi yang lebih baik. Di FK UII belum ada penelitian untuk membuktikan teori tersebut. Sehingga dibutuhkan penelitian untuk mengkaji apakah teori tersebut berlaku pada sistem pembelajaran PBL di FK UII melalui penilaian keaktifan tutorial dan kemampuan kognitif yang dilihat dari nilai ujian tulis blok. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui hubungan antara nilai keaktifan tutorial dengan kemampuan kognitif mahasiswa Pendidikan Dokter FK UII. Metode Peneltian: Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan cross sectional menggunakan metode analisis kuantitatif. Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa FK UII angkatan 2012, 2013, 2014 dan 2015. Sampel dipilih dengan metode total sampling. Nilai keaktifan tutorial dan nilai ujian tulis blok dilihat pada blok semester ganjil tahun akademik 2015/2016 yang diikuti sampel. Data penelitian didapatkan dari Divisi Akademik FK UII. Metode analisis data dilakukan dengan uji korelasi Pearson. Hasil Penelitian: Uji Korelasi Pearson menunjukkan terdapat hubungan antara nilai keaktifan tutorial dengan kemampuan kognitif mahasiswa (p<0,05) pada sebagian besar blok dengan kekuatan korelasi lemah (r= 0,2-<0,4) pada blok 1.1, 2.2, 2.3, 4.1 IT, korelasi sedang (r= 0,4-<0,6) pada blok 1.2, 1.3, 2.1, 3.3, 4.2, dan korelasi kuat (r=0,6-<0,8) pada blok 3.1, 3.2, 4.3. Simpulan: Sebagian besar mahasiswa yang aktif dalam diskusi tutorial mempunyai kemampuan kognitif yang baik.en_US
dc.description.sponsorshipdr. Yeny Dyah Cahyaningrum, M.Med.Eden_US
dc.publisherUIIen_US
dc.subjectKemampuan Kognitifen_US
dc.subjectKeaktifan Tutorialen_US
dc.titleHubungan Nilai Keaktifan Tutorial Terhadap Kemampuan Kognitif Mahasiswa Prodi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesiaen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record