Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Go-Pay pada Mahasiswa Ekonomi Islam Universitas Islam Indonesia
Abstract
Go-Pay merupakan suatu sarana prasarana dalam menyimpan sejumlah uang yang berbasis elektroniik sebagai media untuk melaukan sebuah transakasi pembayaran untuk para pelanggan aplikasi Go-Jek. Go-pay sendiri memiliki keunggulan yang dapat membantu aktivitas penggunanya, dengan melakukan transaksi menggunakan Go-Pay memberikan banyak manfaat serta kemudahan bagi pengguna. Pada penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh faktor persepsi manfaat dan persepsi kemudahan pada mahasiswa Ekonomi Islam Universitas Indonesia yang menggunakan layanan Go-Pay. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan Ekonomi Islam Universitas Islam Indonesia yang berjumlah 730 mahasiswa. Sampel yang mejadi responden pada penelitian ini yaitu sebanyak 100 orang dari seluruh total mahasiswa jurusan Ekonomi Islam Universitas Islam Indonesia. Berdasarkan hasil pengolahan data dihasilkan nilai R square sebesar 0,932, Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh persepsi manfaat dan persepsi kemudahan secara simultan tehadap penggunaan produk sebesar 93,2%. Diketahui nilai sig untuk pengaruh persepsi manfaat terhadap penggunaan produk adalah sebesar 0,930 > 0,05 dan nilai t hitung 0,089 < t tabel 1,984, sehingga dapat disimpulkan bahwa persepsi manfaat tidak terdapat pengaruh terhadap penggunaan produk. Sedangkan nilai sig untuk pengaruh persepsi kemudahan terhadap penggunaan produk adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 8,493 > t tabel 1,984, sehingga dapat disimpulkan bahwa persepsi kemudahan terdapat pengaruh terhadap penggunaan produk. Saran pada penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi untuk penenelitian selanjutnya.
Collections
- Islamic Economics [826]