Analisis Stabilitas Lereng Menggunakan Geotekstil dengan Program Plaxis (Studi Kasus Jalan Tol Pekan Baru-Dumai)
Abstract
Proyek Jalan tol Pekan Baru - Dumai terletak di Provinsi Riau. Kondisi tanah pada proyek ini sangat beragam. Pada , tanah eksisting di lapangan merupakan tanah rawa. Dalam pembangunan jalan tol tersebut, tanah rawa mendapat perhatian khusus karena berdampak pada penurunan tanah atau longsor. Oleh karena itu perlu adanya analisis timbunan diatas tanah rawa tersebut untuk menentukan angka aman terhadap longsor serta angka penurunan tanah
Analisis stabilitas timbunan pada menggunakan bantuan software PLAXIS 8.6. Sementara untuk variasi tinggi timbunannya adalah 4 m, 6 m, dan 8 m. Ketinggian muka air tanah terdapat dibawah lapisan tanah keras sesuai dengan parameter tanah yang didapat. Analisis dilakukan untuk mendapatkan nilai angka aman serta angka penurunan tanah. Timbunan tanah yang aman adalah yang memenuhi syarat angka aman yaitu ≥ 1,5. Timbunan yang tidak aman akan diberi perkuatan menggunakan geotekstil.
Tahap awal adalah menganalisis timbunan tanah asli yang tidak diperkuat dengan PLAXIS 8.6. Hasilnya adalah timbunan dengan tinggi 8 meter mengalami collapse sehingga harus dihitung melalui metode fellenius. Setelah diperkuat dengan geotekstil, seluruh timbunan dikategorikan aman karena memenuhi syarat
Collections
- Civil Engineering [4192]