Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Nindyo Cahyo Kresnanto, ST., M.T
dc.contributor.advisorRizki Budi Utomo, ST., M.T
dc.contributor.authorMUKTI FAJAR WAHYUDI
dc.date.accessioned2021-06-17T06:29:29Z
dc.date.available2021-06-17T06:29:29Z
dc.date.issued2020-10-27
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/29440
dc.description.abstractKota Yogyakarta memiliki daya tarik kuat untuk dikunjungi karena memiliki sarana pendidikan yang bermutu, pariwisata yang eksotis serta merupakan pusat kegiatan pemerintahan dan perekonomian. Kondisi ini menyebabkan bertambahnya permintaan kebutuhan dalam hal transportasi. Jika dilihat dari data Penduduk Kota Yogyakarta menurut Badan Pusat Statistik (BPS), (2020) tercatat 414.055 ribu jiwa dan 459.579 ribu kepemilikan sepeda motor maka kepemilikan sepeda motor di Kota Yogyakarta mencapai 1110 sepeda motor lebih per 1000 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel apa yang signifikan mempengaruhi kepemilikan sepeda motor, dan probabilitas kepemilikan sepeda motor berdasarkan karakteristik rumah tangga. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi multinomial logistik merupakan regresi logistik yang digunakan saat variabel dependent mempunyai skala yang bersifat polichotomous atau multinomial, dengan variabel respon berskala nominal lebih dari 2 kategori. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil pemodelan regresi multinomial logistik, faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap kepemilikan sepeda motor dari 6 variabel diantaranya jumlah anggota keluarga, jumlah anggota keluarga yang sekolah/kuliah, jumlah kepemilikan mobil, frekuensi penggunaan motor, frekuensi penggunaan mobil dan penghasilan dalam rumah tangga di kota Yogyakarta adalah variabel penghasilan rumah tangga. Analisis probabilitas menunjukkan penghasilan rumah tangga <2 juta dapat mempengaruhi satu, dua dan lebih dari 2 kepemilikan sepeda motor yaitu masing-masing sebanyak 76%, 12%, dan 12%. Selain itu, pada penghasilan rumah tangga 2-4 juta dapat mempengaruhi satu, dua dan lebih dari 2 kepemilikan sepeda motor yaitu masing-masing sebesar 38%, 33%, dan 30%.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectkarakteristik rumah tanggaen_US
dc.subjectkepemilikan sepeda motoren_US
dc.subjectregresi multinomial logistiken_US
dc.titleModel Kepemilikan Sepeda Motor Berdasarkan Karakteristik Rumah Tangga Studi Kasus Kota Yogyakartaen_US
dc.Identifier.NIM16914026


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record