Show simple item record

dc.contributor.advisorHusein Mubarok
dc.contributor.author16524089 Tegar Hery Santoso
dc.date.accessioned2021-06-15T08:51:50Z
dc.date.available2021-06-15T08:51:50Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/29373
dc.description.abstractEnergi berperan sangat penting dalam kehidupan manusia. Setiap tahun, permintaan akan kebutuhan energi terus meningkat dan mayoritas pembangkitan energi mengunakan bahan bakar fosil. Sehingga diperlukan sumber energi yang ramah lingkungan. Salah satu sumber energi yang ramah lingkungan adalah fuel cell. Fuel cell dapat menghasilkan energi listrik dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan energi listrik yang dihasilkan oleh jaringan daya konvensional. Dalam membuat sistem fuel cell, diperlukan suatu pemodelan agar sistem fuel cell dapat bekerja dengan baik dan sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan. Salah satu metode untuk memodelkan sistem fuel cell adalah dengan menggunakan MATLAB. Penggunaan DC-DC boost converter dengan PID controller secara loop tertutup yang dirancang dengan benar mempunyai peran yang sangat penting untuk mengatur PWM pada saklar DC-DC boost converter dan memainkan peran yang sangat penting untuk mengontrol regulasi daya. Pada penelitian ini, dilakukan analisis pemodelan hydrogen fuel cell NEXATM 1.2 kW dengan DC-DC boost converter yang dikendalikan oleh PID controller untuk desain Power Conditioning Unit (PCU) yang ringkas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memodelkan dan menganalisis karakteristik dari kinerja sistem hydrogen fuel cell dan ujuk kerja PID controller dalam meregulasi tegangan keluaran DC-DC boost converter pada hydrogen fuel cell. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja hydrogen fuel cell dipengaruhi oleh tekanan gas oksigen, hidrogen, dan temperatur. Semakin besar nilai tekanan gas oksigen, tekanan gas hidrogen, dan temperatur pada fuel cell, maka tegangan dan arus keluaran fuel cell akan semakin membesar. Hasil simulasi menunjukkan tegangan keluaran fuel cell sebesar 47.89 V dengan persentase error sebesar 4.22 %, dan arus keluaran fuel cell sebesar 23.94 A dengan persentase error sebesar 0.25 %, serta daya keluaran fuel cell sebesar 1147 W dengan persentase error sebesar 4.12 %. Unjuk kerja dari PID controller dengan DC-DC boost converter dalam meregulasi tegangan keluaran fuel cell sangat baik. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil kurva respon untuk arus keluaran fuel cell yaitu nilai rise time (tr) sebesar 4 detik, delay time (td) sebesar 0.2 detik, peak time (tp) sebesar 4 detik, settling time (ts) sebesar 4 detik, dan maximum overshoot (Mp) sebesar 0 %. Untuk tegangan keluaran, nilai rise time (tr) sebesar 4 detik, delay time (td) sebesar 0.2 detik, peak time (tp) sebesar 4 detik, settling time (ts) sebesar 4 detik, dan maximum overshoot (Mp) sebesar 0 % dengan parameter nilai Proportional (P) sebesar 0.001, Integral (I) sebesar 10, dan Derivative (D) sebesar 0.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectHydrogen fuel cellen_US
dc.subjectDC-DC Boost converteren_US
dc.subjectPID controlleren_US
dc.subjectMATLABen_US
dc.titleAnalisis Pemodelan Hydrogen Fuel Cell dengan Boost Converter Menggunakan Matlaben_US
dc.Identifier.NIM16524089


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record