Hubungan Antara Empati Dan Pemaafan Pada Pelajar Smp Yang Menjadi Korban Bullying Di Kabupaten Klaten
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara empati dan
pemaafan pada pelajar SMP yang menjadi korban bullying. Hipotesis awal yang
diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara empati dan
pemaafan pada pelajar SMP yang menjadi korban bullying. Subjek dalam penelitian
ini ialah pelajar SMP kelas 8 di Kabupaten Klaten yang termasuk dalam kriteria
korban bullying berjumlah 69 orang. Penelitian ini menggunakan skala Victimized
Bullying sejumlah 8 aitem yang disusun oleh Olweus (1996) untuk
mengkategorikan korban perundungan. Sedangkan pengukuran variabel pemaafan
dalam penelitian ini didasarkan pada skala Transgression Related Interpersonal
Motivations Scale 18 (TRIM-18) yang disusun oleh McCullough (2006) dan Basic
Empathy Scale (BES) untuk variabel empati yang disusun oleh Jolliffe dan
Farrington (2006). Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah uji
korelasi Spearman Rho. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi sebesar
0,049 dengan p = 0,692 yang berarti tidak terdapat hubungan antara empati
Collections
- Psychology [2192]