dc.contributor.advisor | Moh.Mizan Habibi, S.Pd.I.,M.Pd.I | |
dc.contributor.author | ARIFUL MISBACHUDIN | |
dc.date.accessioned | 2021-06-15T03:51:09Z | |
dc.date.available | 2021-06-15T03:51:09Z | |
dc.date.issued | 2021-01-04 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/29329 | |
dc.description.abstract | Kitab Ta‟lim al-Mutta‟allim merupakan literature klasik yang
membahas tentang etika belajar yang mengedepankan akhlak. Meskipun kecil dan
judul yang seakan-akan hanya membahas metode belajar, sebenarnya kitab ini
juga membahas tujuan, prinsip dan strategi belajar yang berdasar pada moral
religius.
Melihat peserta didik di kalangan santri belakangan ini, sangat
menarik untuk dibahas terkait etika belajar. Dalam penelitian ini akan membahas
tentang etika belajar santri Pondok Pesantren Al-As‟ariyyah Kalibeber
Wonosobo. Dalam peneltian ini akan dibahas tentang konsep pendidikan yang
ditawarkan oleh Imam az-Zarnuji dalam Kitab Ta‟lim al-Muta‟allim yang akan di
refleksikan terhadap kehidupan santri dalam melaksanakan pembelajaran di
pesantren.
Skripsi ini meneliti secara mendalam tentang implementasi kitab
Ta‟lim Al- Muta‟allim dalam pembentukan etika belajar santri Jenis penelitian ini
adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif ini dipergunakan, karena penulis
mencoba melihat, mengamati dan menelaah implementasi kitab Ta‟lim AlMuta‟allim dalam pembentukan etika belajar santri, yang tidak mungkin
dilakukan dengan analisa angka-angka dan statistik sebagaimana yang lazim
dalam penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kitab Ta‟lim
Muta‟allim mengandung pendidikan akhlak yang berorientasi pada pembentukan
etika belajar santri. Kitab Ta‟lim Al-Muta‟allim memberikan penuh perhatian
pada cara-cara yang seharusnya dilakukan oleh penuntut ilmu. Dari semua bab
yang ada dalam kitab ini, semuanya berkonsentrasi pada perbaikan akhlak,
sehingga menjadikan ini kitab yang membahas tentang ilmu pengetahuan. Dari
ilmu pengetahuan sebagian besar berkonsentrasi pada perbaikan akhlak yang
harus dilakukan oleh peserta didik dalam menuntut ilmu. Tujuan pembelajaran
kitab Ta‟lim al-Muta‟allim yang diterapkan di Pondok Pesantren Al-As‟ariyyah
Kalibeber Wonosobo adalah untuk membentuk kepribadian santri yang beradab
dalam belajar dan meningkatkan semangat santri dalam menuntut ilmu untuk
menghasilkan ilmu yang manfaat, bermanfaat untuk dirinya maupun untuk orang
lain. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Kitab Ta‟lim al-Muta‟allim | en_US |
dc.subject | Etika Belajar | en_US |
dc.subject | implementasi | en_US |
dc.title | Implementasi Isi Kandungan Kitab Ta’lim Al-Muta’alim Dalam Pembentukan Etika Belajar Santri Pondok Pesantren Al-As’ariyyah Kalibeber Wonosobo | en_US |
dc.Identifier.NIM | 13422022 | |