Analisis Pola Nilai Akademik Siswa Madrasah Aliyah dengan Boarding di Pondok Pesantren Tradisional dengan Menggunakan Formal Concept Analysis
Abstract
Pondok pesantren tradisional masih terlihat sangat minim dalam pembelajaran
umum (non agama). Hal itu bisa disebabkan oleh tidak adanya pembelajaran yang
fokus terhadap pelajaran umum tersebut di dalam pesantren, tidak adanya
pembelajaran yang cukup untuk pelajaran umum untuk mempelarinya. Dengan
penyebab yang telah disebutkan, maka akan dilakukan pengumpulan dan analisis
pola nilai akademik siswa MA dengan boarding yang dilakukan dengan meggunakan
metode formal concept analysis. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Model pola nilai
akademik dengan Formal Concept Analysis dalam bentuk concept lattice, (2) Pola
kamampuan santri dalam matapelajaran umum, (3) Rekomendasi perbaikan
kebijakan untuk pihak pondok pesantren dengan peningkatan kemampuan santri
dalam matapelajaran umum. Hasil analisis dapat digunakan untuk pondok pesantren.