Show simple item record

dc.contributor.advisorProf. Dr. Lantip Diat Prasojo
dc.contributor.author17913025 Diah Mahastuti
dc.date.accessioned2021-06-14T04:19:43Z
dc.date.available2021-06-14T04:19:43Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/29280
dc.description.abstractPenguatan Pendidikan Karakter (PPK) Kabupaten Kulon Progo merupakan program pengembangan pendidikan karakter yang dibuat oleh pemerintah sebagai pengembangan dari pendidikan karakter yang terintegrasi gerakan revolusi mental melalui lembaga pendidikan formal. Program pemerintah yang melibatkan peran sekolah dan orang tua dalam mendidik karakter anak. SMP N 1 Nanggulan merupakan sekolah yang menerapkan program PPK dengan melibatkan orang tua dan wali murid untuk berperan aktif mendidik karakter anak agar tercapai program PPK. Penelitian ini bertujuan untuk mencari seberapa tinggi pengaruh parenting orang tua dan budaya sekolah terhadap penguatan pendidikan karakter pada jenjang SMP. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII smp Negeri 1 Nanggulan. Sampel penelitian ini berjumlah 60 siswa dengan teknik Proposif random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi berganda. Hadil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara parenting orang tua terhadap program PPK siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Nanggulan Kabupaten Kulon Progo dengan nilai t hitung 2,445 koefisien regresi 0,329 dan niali signifikansi 0,018. Berarti H nol ditolak, dapat disimpulkan dari penelitian tersebut bahwa semakin baik parenting orang tua, maka akan semakin tinggi kesuksesan program PPK. (2) Terdapat pengaruh signifikan budaya sekolah terhadap program PPK siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Nanggulan Kabupaten Kulon Progo dengan nilai t hitung 5,802 koefisien regresi 1,107 dan niali signifikansi 0,000. Berarti H nol ditolak, dapat disimpulkan dari penelitian tersebut bahwa semakin baik budaya sekolah, maka akan semakin tinggi kesuksesan program PPK. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan parenting orang tua dan budaya sekolah secara bersama-sama terhadap kesuksesan program PPK siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Nanggulan Kabupaten Kulon Progo dengan nilai F hitung sebesar 30,572 dengan nilai signifikansi F sebesar 0,000 nilai koefisien determinasi (R2) 0,518. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh parenting orang tua dan budaya sekolah terhadap program PPK siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Nanggulan Kabupaten Kulon Progo sebesar 51,8 %.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectParenting Orang Tuaen_US
dc.subjectBudaya Sekolahen_US
dc.subjectPenguatan Pendidikan Karakter (PPK)en_US
dc.titlePengaruh Parenting Orang Tua dan Budaya Sekolah terhadap Kesuksesan Program PPK Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Nanggulan Kabupaten Kulon Progoen_US
dc.Identifier.NIM17913025


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record