Pengaruh Parenting Orang Tua dan Budaya Sekolah terhadap Kesuksesan Program PPK Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Nanggulan Kabupaten Kulon Progo
Abstract
Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Kabupaten Kulon
Progo merupakan program pengembangan pendidikan karakter
yang dibuat oleh pemerintah sebagai pengembangan dari
pendidikan karakter yang terintegrasi gerakan revolusi mental
melalui lembaga pendidikan formal. Program pemerintah yang
melibatkan peran sekolah dan orang tua dalam mendidik karakter
anak. SMP N 1 Nanggulan merupakan sekolah yang menerapkan
program PPK dengan melibatkan orang tua dan wali murid untuk
berperan aktif mendidik karakter anak agar tercapai program PPK.
Penelitian ini bertujuan untuk mencari seberapa tinggi pengaruh
parenting orang tua dan budaya sekolah terhadap penguatan
pendidikan karakter pada jenjang SMP.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII smp Negeri
1 Nanggulan. Sampel penelitian ini berjumlah 60 siswa dengan
teknik Proposif random sampling. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah teknik analisis regresi berganda.
Hadil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh yang
signifikan antara parenting orang tua terhadap program PPK siswa
kelas VIII di SMP Negeri 1 Nanggulan Kabupaten Kulon Progo dengan nilai t hitung 2,445 koefisien regresi 0,329 dan niali
signifikansi 0,018. Berarti H nol ditolak, dapat disimpulkan dari
penelitian tersebut bahwa semakin baik parenting orang tua, maka
akan semakin tinggi kesuksesan program PPK. (2) Terdapat
pengaruh signifikan budaya sekolah terhadap program PPK siswa
kelas VIII di SMP Negeri 1 Nanggulan Kabupaten Kulon Progo
dengan nilai t hitung 5,802 koefisien regresi 1,107 dan niali
signifikansi 0,000. Berarti H nol ditolak, dapat disimpulkan dari
penelitian tersebut bahwa semakin baik budaya sekolah, maka
akan semakin tinggi kesuksesan program PPK. (3) Terdapat
pengaruh positif dan signifikan parenting orang tua dan budaya
sekolah secara bersama-sama terhadap kesuksesan program PPK
siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Nanggulan Kabupaten Kulon
Progo dengan nilai F hitung sebesar 30,572 dengan nilai
signifikansi F sebesar 0,000 nilai koefisien determinasi (R2) 0,518.
Dapat disimpulkan terdapat pengaruh parenting orang tua dan
budaya sekolah terhadap program PPK siswa kelas VIII di SMP
Negeri 1 Nanggulan Kabupaten Kulon Progo sebesar 51,8 %.