Show simple item record

dc.contributor.advisorSri Indrawati
dc.contributor.author16522235 Ahmad Hanif Faiz
dc.date.accessioned2021-06-14T02:54:33Z
dc.date.available2021-06-14T02:54:33Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/29274
dc.description.abstractMenjangkitnya wabah virus covid-19 telah memberikan dampak yang signifikan pada banyak sektor. Kebijakan yang dilakukan pemerintah dalam memberlakukan kondisi kejadian luar biasa dalam menangani virus Corona telah berdampak menurunnya sumber pasokan PMI, penurunan pasokan yang terjadi hampir merata pada PMI di Indonesia. Berdasarkan latar belakang tersebut diperlukan langkah-langkah strategis sebagai terobosan kebijakan yang berbeda pada kondisi normal dalam menjaga ketersediaan darah pada PMI. Perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan dapat dilakukan menggunakan konsep Lean Service. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Lean Service dengan bantuan tools value stream mapping, root cause analysis, fishbone diagram dan dikombinasikan dengan simulasi system dynamics untuk melihat seberapa besar dampak usulan yang diberikan. Hasil menunjukkan berdasarkan current value stream mapping terdapa13 proses yang ada di sepanjang flow process dari pelayanan donor darah. Jika dihitung menggunakan persentase maka aktivitas yang termasuk kedalam aktivitas Value Added adalah sebesar 72,2%, Non Value added sebesar 26,22%, sedangkan Necessary Non Value Added sebesar 1,58%. Setelah dilakukan perbaikan pada Future Value Stream Mapping maka aktivitas yang termasuk kedalam aktivitas Value Added adalah sebesar 89,37%, Non Value added sebesar 8,63%, sedangkan Necessary Non Value Added sebesar 2%. Sementara itu hasil simulasi yang menerapkan usulan perbaikan berdasarkan root cause analysis dan fishbone diagram berhasil mengatasi stockout darah di PMI Kabupaten Sleman saat terjadi pandemi. Skenario yang dilakukan juga berhasil meningkatkan skor penanganan waste processing yang awalnya memiliki skor 5,32 menjadi 7.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectLean Serviceen_US
dc.subjectSystem Dynamicsen_US
dc.subject5whysen_US
dc.subjectFishboneen_US
dc.subjectValue Stream Mappingen_US
dc.titleUsulan Perbaikan Pelayanan Donor Darah Akibat Pandemi Virus Corona dengan Pendekatan Lean Service dan System Dynamics (Studi Kasus: Palang Merah Indonesia Kabupaten Sleman)en_US
dc.Identifier.NIM16522235


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record