Pengaruh Kualitas Makanan, Suasana Lingkungan dan Perilaku Etis Tenaga Penjualan terhadap Loyalitas dengan Kepercayaan sebagai Variabel Mediasi Pelanggan Restoran
Abstract
Penelitian ini dilakukan terhadap loyalitas pelanggan restoran. Dalam penelitian ini
ada 5 varibel; 3 variabel eksogen yaitu kualitas makanan, suasana lingkungan dan
perilaku etis tenaga penjulan, 1 variabel endogen yaitu loyalitas dan 1 variabel mediasi
yaitu kepercayaan. Penelitian ini menguji pengaruh variabel eksogen terhadap variabel
endogen melalui variabel mediasi. Pengujian dilakukan dengan menggunakan SEM
dengan metode Amos. Populasi dalam penelitian seluruh orang yang makan di restoran.
Jumlah sampel 307 orang yang ditentukan dengan metode purposif sampling. Hasil
pengujian tidak ada pengaruh langsung dan signifikan kualitas makanan, susanan
lingkungan dan perilaku etis tenaga penjulan terhadap loyalitas, namun kepercayaan
berpengaruh langsung dan signifikan terhadap loyalitas Sedangkan kualitas makanan dan
perilaku etis tenaga penjualan suasana berpengaruh tidak langsung dan signifikan
terhadap loyalitas melalui kepercayaan berarti semakin baik kualitas makanan dan
semakin etis perilaku tenaga penjulan akan meningkatkan kepercayaan yang selanjutkan
akan meningkatkan loyalitas pelanggan. Sedangkan suasana lingkungan berpengaruh
tidak langsung namun tidak signifikan terhadap loyalitas artinya suasana ligkungan yang
nyaman akan menambah kepercayaan namun tidak signifikan meningkatkan loyalitas.
Kualitas makanan melalui kepercayaan mempunyai dampak paling besar mempengaruhi
loyalitas.
Collections
- Doctor of Economics [59]