Show simple item record

dc.contributor.advisorAhmad Darmadji
dc.contributor.author18913066 Aflaha Rara Wurinta
dc.date.accessioned2021-06-10T01:27:14Z
dc.date.available2021-06-10T01:27:14Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/29094
dc.description.abstractPendidikan utama pada keluarga kini telah bergeser. Banyak orang tua yang meletakkan tanggung jawab penuh terkait pendidikan anak kepada sekolah. Padahal, kerjasama antara orang tua dan sekolah (parents-school partnership) di semua jenjang pendidikan baik formal maupun non-formal sangat dibutuhkan untuk membentuk karakter peserta didik. Milas Playgroup mampu mengimplementasikan parents-school partnership dengan baik. Oleh karena itu, peneliti tertarik pada implementasi parents-school partnership di Milas Playgroup dan merelevansikannya dengan konsep karakter milik Abdullah Nashih Ulwan dalam buku Tarbiyah al-Aulaad. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi partisipatoris dan nonpartisipatoris, wawacara mendalam, dan kajian dokumentasi. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive. Teknik analisis data yang digunakan meliputi menyiapkan dan mentranskrip data, memberi label (codding). grouping, dan diskusi. Hasil penelitan ini menunjukkan pertama; Milas Playgroup menerapkan parents-school partnership melalui beberapa program yaitu buku penghubung, kegiatan mini trip, field-trip, kelas edukasi, rapotan, dan renang. Kedua; Hasil implementasi parents-school adalah implikasi terhadap orang tua yaitu pola komunikasi, perubahan mindset, dan konsistensi. Sedangkan terhadap peserta didik yaitu terbentuknya karakter, terbentuknya komunikasi positif, meningkatnya kemampuan social emotional, toleransi, peka terhadap keadaan, dan terbiasa dengan nilai-nilai yang ditanamkan sekolah. Hasil implementasi juga ditemukan pada peserta didik sesuai dengan psikologi perkembangan yaitu perkembangan motorik (kasar dan halus), kognitif, dan psikososial. Ketiga; Relevansi karakter yang dibangun di Milas Playgroup sesuai dengan karakter milik Abdullah Nashih, bahkan Milas Playgroup menanamkan nilai-nilai lainnya yaitu menjaga lingkungan, toleransi, komunikasi positif, kepekaan terhadap sekitar, dan mengonsumsi makanan sehat.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectparents-school parnershipen_US
dc.subjectkarakteren_US
dc.subjectMilas Playgorupen_US
dc.subjectAbdullah Nashih Ulwanen_US
dc.titleImplementasi Parents-School Partnership dalam Membentuk Karakter Anak di Milas Playgroup Kota Yogyakartaen_US
dc.Identifier.NIM18913066


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record