Implementasi Parents-School Partnership dalam Membentuk Karakter Anak di Milas Playgroup Kota Yogyakarta
Abstract
Pendidikan utama pada keluarga kini telah bergeser. Banyak orang tua
yang meletakkan tanggung jawab penuh terkait pendidikan anak kepada sekolah.
Padahal, kerjasama antara orang tua dan sekolah (parents-school partnership) di
semua jenjang pendidikan baik formal maupun non-formal sangat dibutuhkan
untuk membentuk karakter peserta didik. Milas Playgroup mampu
mengimplementasikan parents-school partnership dengan baik. Oleh karena itu,
peneliti tertarik pada implementasi parents-school partnership di Milas Playgroup
dan merelevansikannya dengan konsep karakter milik Abdullah Nashih Ulwan
dalam buku Tarbiyah al-Aulaad.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis
penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi
partisipatoris dan nonpartisipatoris, wawacara mendalam, dan kajian
dokumentasi. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive. Teknik
analisis data yang digunakan meliputi menyiapkan dan mentranskrip data,
memberi label (codding). grouping, dan diskusi.
Hasil penelitan ini menunjukkan pertama; Milas Playgroup menerapkan
parents-school partnership melalui beberapa program yaitu buku penghubung,
kegiatan mini trip, field-trip, kelas edukasi, rapotan, dan renang. Kedua; Hasil
implementasi parents-school adalah implikasi terhadap orang tua yaitu pola
komunikasi, perubahan mindset, dan konsistensi. Sedangkan terhadap peserta
didik yaitu terbentuknya karakter, terbentuknya komunikasi positif, meningkatnya
kemampuan social emotional, toleransi, peka terhadap keadaan, dan terbiasa
dengan nilai-nilai yang ditanamkan sekolah. Hasil implementasi juga ditemukan
pada peserta didik sesuai dengan psikologi perkembangan yaitu perkembangan
motorik (kasar dan halus), kognitif, dan psikososial. Ketiga; Relevansi karakter
yang dibangun di Milas Playgroup sesuai dengan karakter milik Abdullah Nashih,
bahkan Milas Playgroup menanamkan nilai-nilai lainnya yaitu menjaga
lingkungan, toleransi, komunikasi positif, kepekaan terhadap sekitar, dan
mengonsumsi makanan sehat.