Show simple item record

dc.contributor.advisorMuhammad Hasan Sidiq Kurniawan
dc.contributor.author15611029 Gilang Amesta Ramadhan
dc.date.accessioned2021-06-09T01:26:17Z
dc.date.available2021-06-09T01:26:17Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/29010
dc.description.abstractPerkembangan teknologi di Indonesia saat ini sama cepatnya dengan perubahan pola kehidupan dalam masyarakat. Perkembangan yang ada harus diikuti dengan beberapa faktor pendukung guna memaksimalkan perkembangan teknologi yang ada. Salah satu faktor pendukung dalam perkembangan teknologi ini adalah alat transportasi. Terdapat dua jenis alat transportasi yaitu umum (massal) dan pribadi. Sepeda motor merupakan salah satu kendaraan pribadi yang banyak digunakan untuk menunjang kegiatan maupun kepentingan pribadi masyarakat. Menurut kompas.com, berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) penjualan sepeda motor di awal 2019 pada bulan Januarimeningkat sebesar 17,9 persen dibandingkan bulan Januari 2018 yang hanya sebesar 482.357 unit. Terdapat lima merek yang tergabung pada AISI yakni sepeda motor Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, dan TVS yang telah didistribusikan sebanyak 569.126 unit pada bulan Januari tahun 2019. Dari hasil distribusi yang ada, Honda berada pada peringkat pertama penjualan sepeda motor dengan jumlah sebanyak 441.165 unit dengan persentase 27,5 persen, sedangkan untuk peringkat kedua yakni Yamaha dengan jumlah sebanyak 110.110 unit, dimana terjadi penurunan sebanyak 10 persen mencapai 122.989 unit pada Januari 2018. Oleh karena itu penting untuk melakukan peramalan penjualan sepeda motor supaya tidak terjadi kekurangan maupun kelebihan produksi guna memaksimalkan keuntungan perusahaan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Fuzzy Time Series Markov Chain. Metode ini merupakan salah satu metode time series yang bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan peramalan berdasarkan dari data historis yang ada. Kelebihan dari metode Fuzzy Time Series Markov Chain adalah mempunyai tingkat akurasi peramalan yang cukup tinggi dan mempunyai tingkat kesalahan yang rendah. Data historis yang digunakan untuk meramalkan penjualan sepeda motor merk Honda adalah data bulanan penjualan sepeda motor merk Honda dalam kurun waktu tahun 2005-2018 sebanyak 168 data. Dari analisis tersebut didapatkan data hasil peramalan penjualan sepeda motor merk Honda pada bulan Januari 2019 sebesar 345750,9688 dengan nilai MAPE sebesar 10,0311% untuk orde 1 dan data hasil peramalan penjualan sepeda motor merk Honda pada bulan Januari 2019 sebesar 363658,6667 dengan nilai MAPE sebesar 9,24676% untuk orde 2.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectFuzzy Time Series Markov Chainen_US
dc.subjectPeramalanen_US
dc.subjectSepeda Motor Hondaen_US
dc.titlePeramalan Data Penjualan Sepeda Motor Menggunakan Metode Fuzzy Time Series Markov Chain Orde Satu dan Orde Dua (Studi Kasus : Jumlah Penjualan Sepeda Motor Honda Pada Tahun 2005 – 2018)en_US
dc.Identifier.NIM15611029


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record