Show simple item record

dc.contributor.advisorAhmad Munasir Raf'ie
dc.contributor.author16523200 Muhammad Rifqi Ramadhani
dc.date.accessioned2021-06-03T06:11:33Z
dc.date.available2021-06-03T06:11:33Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/28857
dc.description.abstractKesadaran akan keamanan dalam bermedia sosial saat ini perlu menjadi perhatian khusus bagi para pengguna media sosial di Indonesia. Kurangnya edukasi akan kesadaran membuat tidak sedikit para pengguna menjadi korban kejahatan siber (cybercrime). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan mengetahui tingkat kesadaran akan cybersecurity di kalangan pengguna enam besar media sosial di Indonesia, yakni WhatsApp, YouTube, Instagram, Line, Twitter, dan Facebook. Data yang digunakan berupa survei daring (dalam jaringan) yang dianalisis dengan metode Exploratory Factor Analysis (EFA) dan Structural Equation Modeling (SEM). Dari hasil analisis didapatkan perbedaan signifikan pada tingkat kesadaran akan cybersecurity di kalangan pengguna media sosial di Indonesia yang dipengaruhi oleh perbedaan usia dan domisili. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa di antara semua media sosial yang mempengaruhi tingkat kesadaran, pengaruh terbesar ditemui pada media sosial YouTube yang ditunjukkan dengan nilai p-value yang lebih kecil dibanding dengan media sosial lainnya serta memiliki nilai koefisien regresi yang positif dengan arti lain semakin tinggi intensitas penggunaan media sosial YouTube semakin tinggi pula tingkat kesadaran akan cybersecurity.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectcybercrimeen_US
dc.subjectmedia sosialen_US
dc.subjectExploratory Factor Analysisen_US
dc.subjectStructural Equation Modelingen_US
dc.subjectkesadaranen_US
dc.titleAnalisis Kesadaran Cybersecurity pada Pengguna Media Sosial di Indonesiaen_US
dc.Identifier.NIM16523200


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record