Analisis Kesadaran Cybersecurity pada Pengguna Media Sosial di Indonesia
Abstract
Kesadaran akan keamanan dalam bermedia sosial saat ini perlu menjadi perhatian
khusus bagi para pengguna media sosial di Indonesia. Kurangnya edukasi akan kesadaran
membuat tidak sedikit para pengguna menjadi korban kejahatan siber (cybercrime). Penelitian
ini bertujuan untuk mengukur dan mengetahui tingkat kesadaran akan cybersecurity di
kalangan pengguna enam besar media sosial di Indonesia, yakni WhatsApp, YouTube,
Instagram, Line, Twitter, dan Facebook. Data yang digunakan berupa survei daring (dalam
jaringan) yang dianalisis dengan metode Exploratory Factor Analysis (EFA) dan Structural
Equation Modeling (SEM). Dari hasil analisis didapatkan perbedaan signifikan pada tingkat
kesadaran akan cybersecurity di kalangan pengguna media sosial di Indonesia yang
dipengaruhi oleh perbedaan usia dan domisili. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan
bahwa di antara semua media sosial yang mempengaruhi tingkat kesadaran, pengaruh terbesar
ditemui pada media sosial YouTube yang ditunjukkan dengan nilai p-value yang lebih kecil
dibanding dengan media sosial lainnya serta memiliki nilai koefisien regresi yang positif
dengan arti lain semakin tinggi intensitas penggunaan media sosial YouTube semakin tinggi
pula tingkat kesadaran akan cybersecurity.
Collections
- Informatics Engineering [2148]