Pengembangan Media Pembelajaran “El Chemistry” Berbasis Android
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan media pembelajaran “El Chemistry” berbasis android 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran “El Chemistry” berbasis android. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran “El Chemistry” berbasis android adalah Four-D (4D) dengan tiga tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design) dan pengembangan (develop). Sampel yanh digunakan adalah 5 orang guru kimia dan 145 peserta didik dari lima sekolah yang berbeda yaitu SMAN 1 Cangkringan, SMAN 1 Mlati, SMAN 2 Sleman, SMA Kolombo dan MAN 4 Sleman. Instrumen yang digunakan untuk analisis kebutuhan adalah lembar (kuesioner) analisis kebutuhan. Sedangkan instrumen yang digunakan untuk penilaian kelayakan produk adalah lembar (angket) penilaian kelayakan produk. Hasil penelitian dari penilaian ahli media dan ahli materi mendapatkan total skor aktual sebesar 38 yang termasuk dalam kategori Sangat Baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) pengembangan media pembelajaran “El Chemistry” berbasis android dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan Four-D 2) pengembangan media pembelajaran “El Chemistry” berbasis android dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Collections
- Chemistry Education [324]